1 Jawaban Dokter

 Halo, terima kasih atas pertanyaannya
Alergi susu sapi adalah keadaan yang timbul akibat tubuh mengenali protein pada susu sapi sebagai suatu zat asing, yang memicu timbulnya reaksi sistem kekebalan tubuh. Ada 2 protein susu sapi yang memicu reaksi alergi, yaitu casein dan whey. 
Kasus alergi susu sapi terjadi pada hingga 7.5 persen anak. Umumnya reaksi alergi terjadi dalam waktu 1 minggu setelah konsumsi susu sapi. Reaksi cepat timbul dalam waktu 1 jam. Sedangkam reaksi lambat timbul lebih dari 1 jam setelah konsumsi susu sapi.
Reaksi yang timbul dapat berupa respon saluran pencernaan (50-60%), respon kulit (50-60%), dan respon saluran napas (20-30%). Reaksi saluran cerna dapat berupa kembunh, konstipasi, diare, dan kolik. Sedangkan reaksi kulit dapat berupa ruam dan gatal. Reaksi salutan napas dapat berupa sesak napas, produksi lendir bertambah, dan batuk.
Salah satu cara diagnosa alergi susu sapi dilakukan oleh dokter melalui uji kulit. Cara mengatasi alergi ini adalah dengan menghindari penyebab alergi. 90 persen anak akan mengalami perbaikan pada usia 3 tahun.
 
Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.