Penis tidak bisa ereksi karena sering onani

Pagi Dokter.

Saya pria umur 25 tahun. belum menikah. 3 tahun yang lalu saya acap kali melakukan onani. kegiatan onani itu saya lakukan 1 kali dalam sehari setiap harinya selama 3 tahun berturut-turut. dan sekarang sayang merasa depresi karena penis saya tidak dapat lagi ereksi. rangsangan dari tangan saya juga tidak bisa membuat penis saya ereksi. saya takut saya mengalami impotensi dan tidak bisa membahagiakan istri jika saya menikah dan nanti serta memberikan dia keturunan.

Dokter saya mohon apakah penis saya akibat onani ini bisa disembuhkan? Dan apa yang salah dengan penis saya dok serta bagaimana cara mengatasinya karena sudah 2 bulan ini saya berhenti onani tetapi penis saya tetap tidak bisa ereksi. Mohon bantuannya dokter..

1 Jawaban Dokter

Staff 25/03/2016
Public

Selamat siang, 
Onani tentunya memiliki efek buruk yang banyak, seperti gangguan psikologis yang menyebabkan kecanduan, gangguan konsentrasi, dan juga lama kelamaan akan menimbulkan gangguan ereksi karena sensasi nya sudah tumpul. Sebaiknya anda stop melakukan onani dan fokuskan pikiran ke hal lain bila ingin sedang melakukan onani, stop merokok bila seorang perokok, dan rutin berolahraga untuk memperbaiki aliran darah ke penis. Bila keluhan masih berlanjut, anda bisa konsultasi ke dokter spesialis urologi untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. 
Semoga bermanfaat.

#1
  1. Terima kasih atas balasannya dok.

    Apakah bisa disembuhkan dok untuk masalah yang seperti ini?
    saya sudah berhenti onani sekitar 1 bulan yang lalu donk tetapi penis tidak kunjung normal seperti dahulu seblum saya melakukan onani. saya sangat frustasi dok dengan keadaan ini.
    apakah jika saya menikah nanti bisa ereksi kembali atau tidak dok? mohon dok bantuannya saya sangat butuh orang untuk sharing masalah ini
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.