susah memulai toilet training

anak saya usia 21 bulan, saat ini masih memakai diapers setiap hari. Beberapa kali saya sudah lepas diapernya untuk belajar pipis.Memang belum berhasil, masih pipis di celana. Sy sudah mengajaknya ke toilet, namun dia selalu menangis bila sy buka celananya.Akhirnya saya kembali pakaikan diapers. Krn tiap dia pipis di celana, dia sering jatuh terpeleset pipisnya, jadi sy kuatir. saat pakai diapers,sy coba tawarkan ke dia “pipis yuk” tapi dia bilang “ndak”. Sy ajak ke toilet, rewel.
Bagaimana ya dok caranya supaya dia mau pipis ke toilet? Pelan2 sih saya selalu bilang ke dia “Panji, kalo mau pipis bilang mama ya”
Terima kasih sebelumnya atas saran dan masukkannya.

1 Jawaban Dokter

Staff 17/03/2016
Public

Malam Sobat,
Toilet training agar anak tidak mengompol saat tidur malam dapat dimulai secara bertahap. Cara yang umum dipakai adalah menyuruh anak pipis setiap kali sebelum tidur, dan membangunkan anak di tengah tidur malam untuk pipis lagi (biasanya 4 jam setelah mulai tidur). Namun, dari cerita Sobat sepertinya anak merasa takut saat ke toilet. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai hal, antara lain malu, takut akan suasana tertentu (gelap, dll). Jika anak merasa malu, Sobat dapat mencoba meminta anak pipis sendiri tanpa dilihat oleh Sobat (anak membuka celana sendiri). Tanyakan pula pada anak apakah pernah mengalami hal yang tidak menyenangkan di masa lalu, misalnya pernah dikurung/dikunci di toilet saat Sobat tidak ada, dll. Selain itu, jika Sobat telah berhasil membuat anak mau ke toilet secara rutin sebelum/ di tengah tidur, perlu diingat bahwa toilet training tidak akan langsung berhasil. Pasti anak Sobat akan masih mengalami ngompol saat tidur, namun jumlahnya akan semakin berkurang hingga akhirnya berhenti. Sobat dapat menyediakan alas tidur tambahan agar seprai dan lantai tidak basah saat anak mengompol. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.