sering mengalami kecemasan

saya sering mengalami kecemasan, sebagai contoh, ketika saya mengunci pintu, mematikan kompor, menghitung, saya sering mencek ulang sampai beberapa kali, hal ini membuat saya menjadi sangat cemas, juga ketika saya meninggalkan botol air minum saya sebentar, setelah saya kembali, saya tidak mau meminumnya, karena saya takut seseorang telah meminumnya, saya juga sering bertanya berulang kali dengan pertanyaan yang sama untuk memastikan sesuatu, saya juga tidak membuang barang yang sudah tidak terpakai, contohnya setealh saya makan, sampahnya saya pengang tanpa saya sadari, sampai teman saya menanyakan hal itu. saya juga sering menargetkan waktu jika saya membaca, hal ini sering membuat saya capek, dan gelisah jika saya sampai tidak selasai membaca tepat waktu.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat
Hal yang dialami Sobat merupakan suatu gangguan psikis yang disebut dengan obsessive compulsive disorder (OCD). hal ini ditandai dengan adanya suatu tindakan yang dilakukan berulang-ulang atau dalam waktu yang lama karena adanya rasa cemas yang mendasari (seperti perasaan belum dilakukan, dan selalu ada dorongan ingin memastikan hal tersebut sudah dilakukan).
Gangguan ini cenderung mengakibatkan kecemasan pada pasien sehingga sobat merasakan adanya kelelahan seperti saat ini. Jika dibiarkan berlanjut, hal ini dapat mengganggu kehidupan sosial dan pekerjaan sobat. oleh karena itu, sebaiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter spesialis jiwa (psikiater) sehingga dapat diberikan obat yang sesuai.
Terima kasih. semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.