kista 42.8mm

Siang dokter, nama saya warda, kemarin saya nyoba cek rahim karena sudah 1 tahun menikah saya belum dikarunia dedek bayi, ternyata hasil USG dokter mengatakan ada kista 42.8 mm di bagian kiri. kata dokternya berdoa aja mudah mudahan itu kista tidak berbahaya. dan dianjurkan bulan depan pas haid pertama untuk kontrol lagi..
Selama 2 minggu ini, setelah di fonis ada kista saya mulai menata asupan yang saya konsumsi dan setiap pagi sebelum makan saya minum perasa air jeruk nipis hangat sebelum mengkonsumsi apapun, tapi kurang tahu si apa itu bisa bermanfaat untuk proses penyembuhan atau tidak, yang saya tahu itu sehat.
Bulan ini saya sudah telat dua hari. bulan kemarin/februari saya haid tgl 3, apakah saya perlu cek ke dokkternya lagi, padahal saya belum haid? apa itu bisa dikatakan saya hamil atau apa saya bisa hamil? kalau promil apakah boleh?
atas perhatian dan jawabanya saya ucapkan trima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 04/03/2016
Public

Selamat siang Ibu,
Jarak haid setiap bulannya adalah sekitar 28-35 hari. Jadi bila Jadwal ibu mundur selama 2 hari masih dikatakan normal. Bila terdapat kista memang dapat mengganggu siklus haid dan juga lebih sulit untuk hamil, tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mempunyai anak. Pengobatan kista satu-satunya adalah melalui operasi pengangkatan kista. Bila ukuran kista <5 cm biasanya belum perlu dioperasi, tetapi sebaiknya Ibu tetap kontrol ke dokter spesialis kandungan untuk memantau kista apakah terjadi pembesaran atau tidak. Untuk mengetahui hamil atau tidak, Ibu tetap harus memeriksakan kehamilan yang bisa dimulai dari metode pemeriksaan yang paling sederhana yaitu test pack.
Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi kami. 
Semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.