Bagaimana cara menyembuhkan hidung meler dan tersumbat

Assalamualaikum dok,
saya menyampaikan keluhan saya, Saya mengalami hidung meler sejak bulan puasa tahun 2015 sampai sekarang (20 februari 2015). pada awal sakit, hidungnya cuman meler pas pagi hari setelah mandi saja. saya sudah pergi ke puskesmas dan setelah dikkasih obat, hidung meler saya sempat reda. tapi setelah itu kambuh lagi.
saya juga sempat ke pengobatan traditional gurah (hidung dimasukkan semacam cairan, agar lendir di hidung bisa terangsang keluar) tapi lendir yg keluar sedikit.
sekarang, hampir tiap waktu lendir di hidung saya keluar dan terkadang mampet juga.

mohon solusi nya.. terima kasih

#NB: lendir yg keluar pas meler cair (tdk kental)

1 Jawaban Dokter

Staff 20/02/2016
Public

Selamat malam sobat, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi kami. 
Dari keluhan yang sobat alami kemungkinan mengarah ke proses alergi, yang biasa disebut dengan rhinitis alergi. Cara mengobati rhinitis alergi adalah menghindari alergen, yaitu benda/kondisi yang menyebabkan kambuhnya alergi seperti debu, bulu hewan, dan suhu dingin. Bila sedang serangan dapat menggunakan obat anti alergi. Tetapi obat ini tidak akan menghilangkan penyakit hanya meredakan gejala. Sebaiknya sobat tidak mencari pengobatan ke pengobatan alternatif karena keamanannya tidak terjamin. Sobat dapat konsultasi lanjut ke spesialis THT mengenai keluhan sobat dan mendapatkan opsi terapi. 
Semoga bermanfaat.
Salam
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.