apakah benar Depresi ? bagaimana menanganinya

selamat siang, saya ingin bertanya tentang kakak sy dg kondisi :
– tidur lbh dari 15 jam/hari
– makan & mandi tengah malam
– gemar alkohol
– beberapa kali mengamuk
– bercerita merasa ingin di singkirkan seseorang dan ingin berbuatmenyakiti orang lain
– kerap mengurung diri di kamar
kondisi ini sdh berlangsung lbh dr 10 Thn namun dulu tdk pernah mengamuk. di awali saat orang tua kami bercerai dan memiliki pasangan baru.
apakah kakak saya benar mengalami depresi? apa yg harus sy lakukan karna tdk ada yg berani membawanya ke psikiatri, semua orang takut Dok.
Terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat
Kondisi yang dialami oleh kakak Sobat merupakan suatu gangguan jiwa tipe campuran. di mana terdapat ciri depresi (ditandai dengan pasien mengurung diri di kamar, kehilangan semagat hidup, mudah lelah saat beraktivitas) dan ciri skizofrenia (di mana pasien beranggapan ada yang ingin menyingkirkan dirinya). Cara untuk mengatasi hal ini dapat dilakukan dengan psikoterapi dan obat-obatan yang tentunya dilakukan dan diberikan oleh dokter spesialis jiwa yang telah melakukan pemeriksaan yang menyeluruh terhadap kakak sobat. Tidak ada cara lain yang efektif untuk mengatasi hal ini,
Untuk pendampingan di rumah, pastikan bahwa kakak sobat selalu didampingi oleh keluarga terdekat dan tidak dibiarkan mengurung diri terlalu lama di rumah oleh karena pada kondisi seperti ini seorang pasien rentan melakukan tindakan yang dapat menyakiti diri sendiri.
Terima kasih. semoga bermanfaat
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.