1 Jawaban Dokter

Halo sobat
sampai saat ini tidak ada obat yg dapat mempercepat terjadinya kehamilan. Keluhan yg dialami sobat mungkin diakibatkan oleh karena hubungan seks pada waktu yg kurang tepat (tidak dilakukan pada masa subur).
Sobat dapat melakukan perhitungan siklus menstruasi dengan kalender. Pada saat sobat sedang dalam masa subur, sel telur berada dalam kondisi yg siap dibuahi. Pada saat ini sobat dapat melakukan hubungan seksual oleh karena kemungkinan terjadinya kehamilan akan cukup besar pada masa ini. Masa subur dimulai kurang lebih 1 minggu setelah selesai menstruasi pada wanita dgn siklus menstruasi 21-35 hari. Pada siklus menstruasi yg tidak teratur, masa subur memang sulit untuk ditentukan. 
Cara lain untuk memperkirakan apakah seorang wanita sedang dalam masa subur ialah melalui pengukuran suhu tubuh (lebih tinggi pada masa subur namun bukan demam), serta melalui lendir vagina dimana pada masa subur lendir yg keluar dari vagina memiliki tekstur lbh cair (tidak lengket seperti menjelang menstruasi), basah, warna seperti putih telur, dan elastis (dapat diregangkan).
terima kasih atas pertanyaannya. Semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.