Penggantian Susu Formula

Selamat Pagi Dok, Saya memiliki anak berusia 12 bulan waktu anak saya lahir karena asi saya belum banyk maka dengan Dokter disarankan memakai pregistimil karena waktu diberikan morinaga ada bercak merah di kulit setelah usia 3 bulan susu tersebut diganti dengan enfamil A+ HA, kemarin sempat saya coba ganti dengan susu bebelac bercak merah nya keluar lagi, Anak saya sekarang juga sering menngerakakn kepala ke belakang kalau sedang marah anak kotorannya berbau tajam dari lahir, yang mau saya tanyakan apakah anak saya masih tergolong alergi susu sapi ya? saya binggung susu enfamil A+HA hanya sampai 12 bulan, terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 09/01/2016
Public

Halo Sobat,
Terima kasih atas pertanyaannya. Poin penting penanganan anak dengan alergi susu sapi adalah menghilangkan susu formula sapi dari diet anak. Pada bayi dengan ASI ekslusif yang alergi susu sapi, pemberian ASI dapat diteruskan dan Ibu harus menghindari susu sapi dan produk turunannya pada makanan sehari-harinya sampai usia bayi 9-12 bulan atau minimal 6 bulan. Setelah kurun waktu tersebut, uji provokasi dapat diulang kembali, bila gejala tidak timbul kembali berarti anak sudah toleran dan susu sapi dapat dicoba diberikan kembali. Bila gejala timbul kembali maka eliminasi dilanjutkan kembali selama 6 bulan dan seterusnya. 
Pada bayi dengan susu formula standar yang alergi susu sapi, pilihan utama susu formula adalah susu hipoalergenik, di antaranya susu terhidrolisat ekstensif dan susu formula asam amino. Anak dengan gejala alergi ringan hingga sedang dapat mengonsumsi susu formula hidrolisat ekstensif. Namun mereka yang memiliki gejala berat harus mengonsumsi susu formula asam amino. Sedangkan, susu terhidrolisat parsial tidak termasuk dalam kelompok susu alergenik dan bukan merupakan pilihan untuk alergi susu sapi. Bagaimanapun, yang dapat menentukan atau menjelaskan kondisi anak Sobat saat ini adalah dokter anak yang menanganinya. Sebaiknya Sobat berdiskusi langsung dengan dokter spesialis anak untuk informasi yang lebih jelas dan tata laksana yang optimal. Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.