ruam, benjolan, demam, sakit tenggorokan, punggung, leher dan kaki sakit, susah bernafas, dada sakit, lelah, mual dan muntah, turun 4kg, tangan gemetaran, blurry vision, pusing, batuk, jantungnberdebar, perut sakit,

4 bulannyang lalu saya terkena ruam saya tidak ke dokter dan saya searched in google ruam saya kemungkinan pityriasis rosea sampai saat ini ruam masih ada. 3/4 minggu setelah ruam muncul saya demam tidak tinggi dan sakit tenggorokan kurang lebih 2 hari. 2 minggu kemunhkinan saya merasakan sakit di ketiak dannsaya pegang ada benjolan kecil dan sangat sakit hilang 3 hari kemudian, seminggu setelah itu muncul benjolan yang sama di ketiak yng sama ketiak kanan hilang 3 hari kemudian juga. Dan saya liat gejalanya dingoogele saya benar-benar takut dan membuat dada saya sakit, jantung berdebar, susah bernafas, mual dan muntah (saya merasakan ini sejak sangat lama). 3/4 miggu stelah ini sya demam lagi tidakntinggi dannbatuk kurang lebih 2 minggu. Dan saya punya benjolanndi payudara sejak sekitar 1 tahun yng lalu dan saya menemukan benjolan baru di psyudara yang sama, saya yakin datang disaat bersamaan dengan benjolanndi ketiak. Saya akhirnya ke doktertdan dokter ny inginnsaya operasi tapinsaya tidak mau karena dia hanya check by hand. Setiap saya searching di google thats makes me cry, shaking, and feeling hopeless. Dan saya kehilangan 4kg. Sekarang saya merasakan mata sya kabur dan 3/4 harinyang lalu i felt ring in my ear membuat saya kehilangan keseimbangan dan hampir pingsan berlangsung sekitar kurang lebih 6 menit. Saya takut dok, saya menangisbterus, saya butuh bantuan..

Terimakasih dok xx

1 Jawaban Dokter

Staff 09/01/2016
Public

Halo Sobat,
Terima kasih telah mempercayakan layanan konsultasi kami. Kami memahami kondisi ruam pada kulit, benjolan di payudara dan ketiak tersebut menimbulkan kekhawatiran pada Sobat. Benjolan/tumor di payudara dapat bersifat jinak atau ganas (kanker). Penentuan sifat tumor tersebut dapat dilakukan melalui pemeriksaan fisik, dan bila diperlukan, pemeriksaan penunjang, seperti laboratorium, mamografi, ultrasonografi (USG), atau biopsi. Dari hasil pemeriksaan fisik dan penunjang, Sobat akan mendapatkan beberapa opsi, mulai dari pengobatan gejala dan anjuran pemeriksaan berkala hingga tindakan operasi. Jika Sobat didiagnosis tumor yang masih dapat dioperasi/dapat diangkat, maka hal itu justru merupakan pertanda yang lebih baik daripada tumor yang sudah tidak dapat dioperasi. Untuk itu, Sobat sebaiknya memeriksakan diri ke dokter uituk evaluasi dan tatalaksana yang optimal. Stres/tekanan pasti dihadapi oleh setiap manusia. Kunci untuk menghadapinya adalah melatih ketenangan. Hal ini dapat dicapai dengan cara berbeda sesuai karakter individu tersebut. Misalnya, melakukan hobi/aktivitas yang menyenangkan, meditasi, istirahat yang cukup, mendengarkan musik, olahraga, mendekatkan diri kepada Tuhan, bersosialisasi, makanan cukup gizi seimbang dan teratur, dan lain-lain. Bila stres tersebut mengganggu kesehatan Sobat, seperti kesulitan tidur, kehilangan semangat, sakit kepala, jantung berdebar, dan lain-lain; Sobat sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.