Bagaimana cara mengobati orang dengan gangguan kejiwaan

Selamat pagi, Dokter Andri.

Perkenalkan saya Andrie. Saya punya beberapa pertanyaan yang ingin saya tanyakan dok.
Sebelumnya, saya ingin menyampaikan kondisi awal ayah saya dulu. Ayah saya menderita gangguan kejiawaan, setelah mencari artikel di internet saya berasumsi ayah saya menderita skizofrenia. Penyakit ini sudah ia derita sejak saya masih SD (skrg saya sudah kerja), dan dulu sering keluar masuk rumah sakit jiwa untuk direhabilitasi. Sudah kurang lebih 8 tahun ayah tidak kambuh, tetapi dalam 2 minggu belakangan mulai muncul lagi gejalanya, seperti ngoceh sendiri, tertawa sendiri. Obat yang biasa digunakan adalah Sizoril, haloperidol. Kebetulan, kabarnya obat haloperidol ini sudah tidak ada lagi, dok. Saya berpendapat, ayah saya seperti itu karena obat Haloperidolnya sudah tidak ada lagi.

Dari gambaran diatas, hal yang ingin saya tanyakan adalah
Pertama, apakah orang dengan penyakit kejiwaan harus meminum obat selamanya? Adakah pengobatan lainnya?
Kedua, Apakah ada obat pengganti haldol, dok? atau yang setara dengan haldol? Agar efek halusinasi yang dialami ayah saya bisa hilang. Terima kasih, dok

1 Jawaban Dokter

Staff 28/12/2015
Public

Dear andrie, saya akan coba menjawab pertanyaan anda satu per satu. Yang pertama, pengobatan alternatif untuk orang dengan gangguan jiwa selain dengan obat – obatan adalah dengan terapi konseling. Selain itu, dukungan dari keluarga amat sangat diperlukan bagi pasien dengan gangguan jiwa. Obat – obatan sangat diperlukan untuk mengatur kejiwaan dan emosi pasien agar tetap stabil. Yang kedua, sementara ini pengganti haldol yang sering dipakai adalah Risperidone, tetapi ada baiknya anda mengkonsultasikan lagi lebih lanjut dengan dokter spesialis jiwa agar terapi yang didapat lebih optimal. Semoga bisa membantu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.