lubang untuk buang air kecil sempit

selamat pagi dok,,
saya mau bertanya, anak sy di diagnosa hernia setelah diperiksa disalah satu dokter anak di daerah sy. katanya penyebab hernia tsb karena lubang untuk buang air kecil yg sempit sekali atau sering dinamakan bungkus. skrg anak sy berusia 2bulan 7hari. apakah anak sy perlu dikhitan? lalu apa dengan dikhitan hernia pd anak sy bsa hilang? dan jika memang hrs di khitan apakah hrs di spesialis bedah anak atau boleh di spesialis bedah umum?
terimakasih atas waktunya sdh mau membaca keluhan sya. mohon jawabannuya segera dok..

1 Jawaban Dokter

Hai Sobat Licka
hernia merupakan suatu penonjolan yg berisi isi perut (usus). Benjolan ini bersifat hilang timbul. Dan diakibatkan krn kurang kuatnya otot dinding perut dalam menahan isi perut.
Pada anak2 benjolan ini biasa terlihat saat menangis atau mengejan. Hernia dapat dihilangkan dengan operasi yg bertujuan untuk menguatkan otot dinding perut agar lebih kuat menopang isi perut. Prosedur ini sangat berbeda dengan sunat (khitanan) yg bertujuan untuk membuang kulit penis (preputium). Khitanan dapat Sobat lakukan dengan dokter spesialis bedah umum. 
Lubang kencing yg sempit atau tertutup kulit penis mengakibatkan menggembungnya ujung penis saat anak buang air kecil. Kondisi ini terjadi akibat kulit penis (preputium) yg tidak dapat ditarik ke belakang sehingga menghalangi lubanb kencing. Kondisi ini diatasi dengan sunat atau khitanan.
terima kasih atas pertanyaan sobat, semoga membantu

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.