Sakit kepala

Saya ingin konsultasi.
Suami saya suka sakit kepala dan sakit kepalanya seperti sedang di tusuk2/ditekan2 dibagian kanan atas alis. Dan jika sakit kepalanya sedang kambuh parah bisa sampe uratnya kaya keliatan keluar/bejendol dan berdenyut.
Terkadang minum obat warung sakit kepalanya bisa hilang tapi muncul lagi.
Sempat di periksa ke klinik dan di informasikan bahwa suami saya ini detak jantungnya tidak beraturan.
Sudah cek lab darahnya normal tidak ada masalah.
Apakah sakit kepala ini berbahaya ?
Dan apakah ini ada hubungannya dengan jatungnya yang bedetak tidak beraturan?
Jika ingin consultasi sebaiknya saya ke dokter specialis penyakit dalam atau dokter jantung ya?
Apakah ini memerlukan CT Scan ?
Karena saya takut ini ada apa2nya di kepalanya karena suka sakit kepala.

Selain itu suami saya sering kecapean, dan beban pikiran juga serta suka telat makan.
Suami saya juga punya maag, apakah ini yang menyebabkan sakit kepalanya juga ?

Ditunggu informasi selanjutnya ya. Many thanks

1 Jawaban Dokter

Hai Sobat winnie_thepooh12
sakit kepala yg dialami oleh suami Sobat termasuk dalam gejala sakit kepala primer yaitu migrain. Migrain disebabkan akibat adanya rangsangan pada struktur kepala yg berperan terhadap rangsang nyeri. Penatalaksanaan migrain terdiri dari 2 yaitu pengobatan abortif untuk menghilangkan nyeri kepalanya dan pengobatan preventif untuk mencegah migrain tersebut datang kembali. CT scan diperlukan apabila nyeri kepala ini sudah dialami sejak lama dan tidak membaik dengan pemberian antinyeri. Untuk pemeriksaan lebih lanjut mengenai nyeri kepala tersebut, Sobat dapat memeriksakannya ke dokter spesialis saraf agar dapat dipertimbangkan perlu atau tidaknya dilakukan CT scan. Berbahaya atau tidaknya nyeri kepala primer tergantung dari penyebab yang mendasari, yg meliputi obat2an, psikologis, maupun kelainan metabolisme dan jantung. 
Kelainan detak jantung yg dimaksud disebut dengan aritmia (kelainan irama jantung) fan dapat menjadi salah satu penyebab migrain yang diderita suami Sobat. Dalam hal ini perlu dilakukan rekam jantung (EKG) agar dapat diberikan terapi yang tepat. Sobat dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis jantung maupun penyakit dalam mengenai gangguan ini.
Sakit maag yang diderita oleh suami Sobat kecil kaitannya dengan nyeri kepala yang dialami. Apabila mempunyai sakit maag, biasakan untuk tidak makan terlambat ataupun makan makanan yg dapat merangsang peningkatan asam lambung seperti kopi, atau makanan asam.
Terima kasih atas pertanyaannya. Semoga membantu
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.