meninggikan badan

dok apakah benar Asam Amino (seperti L-Arginine, L-Lysine, L-Ornithine, Glutamine dll.) bisa melepaskan Human Growth Hormone yang nantinya membantu untuk meninggikan badan? soalnya saya pernah baca di internet kalau Asam Amino tsb bisa membantu melepaskan hormon pertumbuhan. dan juga saya pernah baca Melatonin dan GABA membantu melepaskan hormon pertumbuhan, apakah benar dok? oh iya, apa fungsi sebenarnya dari Melatonin dan GABA? trims

1 Jawaban Dokter

Staff 22/12/2015
Public

Dear bapak, saya akan coba jawab satu persatu dari pertanyaan anda : 

  1. Lisin sangat penting dalam proses penyerapan kalsium di saluran pencernaan. Asam amino ini membantu pembentukan protein pada otot. Selain itu, L-lisin turut merangsang produksi kreatinin yang bertanggung jawab untuk mengubah asam lemak menjadi energi. Karena fungsinya dalam penyerapan kalsium, lisin dipercaya membantu dalam mencegah osteoporosis. 
  2. L-arginin merupakan salah satu dari 20 asam amino yang paling banyak terjadi secara alami, sekaligus merupakan komponen penyusun berbagai protein kompleks dalam tubuh. Tubuh orang dewasa mampu memproduksi L-arginin sendiri, namun tidak demikian dengan anak-anak pada tahap awal pertumbuhan mereka. Oleh karena itu dalam keadaan normal, orang dewasa tidak memerlukan suplemen arginin.
  3. Ornithine sendiri sering dipakai untuk memperbaiki fungsi liver (hati) pada tubuh manusia. 
  4. Glutamine berfungsi sebagai pembentukan otot dan ini  merupakan salah satu suplemen yang banyak digunakan saat akan body-building (pembentukan badan saat fitness). Dalam beberapa penelitian L-Glutamine MAMPU meningkatkan hormon pertumbuhan tubuh manusia.
  5. Melatonin dan GABA tidak melepaskan hormon pertumbuhan, di bawah ini ada gambaran singkat mengenai GABA dan Melatonin. 
  6. Melatonin adalah hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pineal dalam tubuh dan berfungsi sebagai pengatur siklus tidur sesesorang. Selain itu, melatonin juga sering dikenal penggunaannya sebagai antioksidan (untuk mencegah penuaan dini), peningkat kekebalan tubuh, menjaga kesehatan seksual  dan pencegah osteoporosis.
  7. GABA ini adalah salah satu neurotransmiter dan hormon otak yang bisa menghambat efek – efek neurologis yang tidak diinginkan dalam tubuh kita. GABA sendiri sekarang ini banyak digunakan dalam terapi DEPRESI

Dari apa yang saya sampaikan di atas, TIDAK ada klaim yang mengatakan kalau suplemen di atas dipakai untuk meninggikan badan. Yang ada hanya sebagai suplemen yang membantu pertumbuhan. 
Demikian yang dapat saya jawab. Semoga bisa membantu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.