tidak mendapatkan menstruasi bulanan

dok, saya ibu menyusui, awal kb saya menggunakan kb suntik 3 bulan teteapi 2x melakukan kb suntik 3 bulan menstruasi saya terus keluar tdk pernah berhenti, kata bidan saya tidak cocok kb suntik 3 bulan karena terus menstruasi jadi saya di anjurkan untuk menggunakan pil kb andalan laktasi, saya mencoba menggunakan pil kb andalan laktasi tetapi malah saya tidak mengalami menstruasi, apa itu tidak masalah dok bila saya tidak mengalami menstruasi selama menggunakan pil kb andalan laktasi, atau apakah ada saran untuk menggunakan pil kb yang lain,terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 22/12/2015
Public

Dear ibu, salah satu tujuan pemakaian kontrasepsi adalah pencegahan kehamilan, dan salah satu efek yang dapat dilihat adalah tidak adanya menstruasi. Hal ini tidak dialami oleh semua wanita. Salah satu efek yang tidak diinginkan dengan tidak adanya menstruasi adalah penambahan berat badan. Kontrasepsi lain yang bisa digunakan salah satunya dengan spiral. Semoga bisa membantu. 

#1
  1. drsandi Staff 22/12/2015
    Dear ibu, pada dasarnya merk pil KB dan suntik hampir sama saja, karena pada dasarnya sama - sama bertujuan untuk pencegahan kehamilan. Pemasangan spiral direkomendasikan untuk anda yang tidak mau repot minum obat setiap hari, maupun suka lupa untuk suntik setiap 1 bulan atau 3 bulan. Semoga bisa membantu.
  2. terima kasih dok atas jawaban nya, jadi sya tidak perlu khawatir ya dok dengan tidak datang nya menstruasi setiap bulan nya..??
    apa ada saran untuk pil kb merk lain selain dengan di spiral..selama kb suntik dan kb pil berat badan saya pun tidak turun2.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.