Apa HNP membuat pusing dan kelelahan ekstrim?

Salam. Dokter, saya perempuan berumur 20 tahun. Tahun lalu saya susah menggunakan kaki kiri, lalu periksa dan disarankan untuk MRI. Hasilnya tampak multiple bulging disc di L3-L4, L4-L5, L5-S1. Setelah melakukan berbagai macam terapi, akhirnya kaki kembali normal sekitar 8 bulan kemudian.
3 bulan yang lalu kaki saya kembali susah digerakkan. Akhirnya saya periksa kembali, dan disarankan untuk fisioterapi terlebih dahulu. Sekitar 6 kali fisioterapi, keadaan malah tambah memburuk. Saat kontrol di poli rehab, dokter mengatakan bahwa saraf yang terjepit bukan hanya 3, tetapi ada 5, dari L1. Dokter di poli ortophedi menyarankan untuk MRI ulang dan saya mendapat jadwal tanggal 2 Februari nanti.
Seminggu yang lalu saya tiba-tiba sangat lemas, padahal tidak melakukan hal berat. Tangan kiri pun mendadak kebas dan susah digerakkan. Saat diistirahatkan, akhirnya berkurang. Tetapi, besoknya saya mendadak kelelahan kembali, sangat lemas. Tangan juga susah digerakkan kembali. Dan kali ini, diikuti pusing yang membuat ruangan sekeliling terasa berputar-putar. Suara saya pun menjadi lambat dan serak.

Yang ingin saya tanyakan, apa gejala yang baru seminggu saya alami berhubungan dengan saraf terjepit di lumbal, atau ada masalah lain?

P.s. Saya seorang skolioser torakalumbal dengan lengkung 30 derajat. Dan mempunyai tremor ringan di tangan. Tahun lalu pun saya sempat mendadak sangat lemas.

Terimakasih atas waktunya. 🙂

2 answer

Staff 19/12/2015
Public

Selamat malam, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi kami. Sering merasa pusing tidak berhubungan dengan penyakit HNP, begitu pula dengan tangan lemas. HNP pada L1 ke bawah mempengaruhi persyaratan pinggang ke bawah. Kondisi scoliosis juga tidak menyebabkan lemas maupun pusing. Bila sobat sering mengalami keluhan pusing dan lemas bisa disebabkan oleh kondisi saraf yang terjepit di tulang belakang bagian toraks. Sebaiknya Sobat menunggu hasil MRI dan konsultasi lanjut mengenai kondisi sobat ke dokter yang menangani. Semoga bermanfaat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.