ASK Hasil Sekret Vagina

Dok, saya mau menanyakan hasil sekret vagina yang saya jalani. Tolong dijabarkan hasilnya.
-GO: tidak ditemukan
-Trichomona: tidak ditemukan
-Candida: tidak ditemukan
Lain-lain:
-Leukosit: 1 – 2/LPB Epitel: 1 – 2/LPB
-Kuman batang gram positif (+)
-Kuman coccus gram positif (+)

Sebelumnya saya sempat mengeluhkan masalah keputihan saya ke spog, setelah saya merasa keputihan gatal sehabis BAK menggunakan air di toilet umum. Spog bilang saya terkena jamur dan diresepkan floragyn dan 2 obat lainnya termasuk antibiotik. Selama mengkonsumsi obat, keputihan sudah berkurang dan tidak gatal. Setelah obat habis kembali lagi. Tapi tidak ditemukan jamur candida pada hasil sekret saya.
Yang saya mau tanyakan, tolong jabarkan hasil sekret vagina saya, lalu apa yang dimaksud kuman batang gram dan coccus gram positif tersebut? Apakah berbahaya? Apakah dapat disembuhkan? Apakah ini termasuk keputihan normal atau abnormal? Terima kasih.

2 answer

Staff 15/12/2015
Public

Dear ibu, dari hasil pemeriksaan sekret yang anda lampirkan menandakan adanya infeksi bakteri ringan (mungkin sudah menjadi lebih ringan karena sudah ada pengobatan antibiotik sebelumnya). Keadaan ini TIDAK berbahaya (normal) dan bisa disembuhkan dengan menjaga kebersihan vagina. Semoga bisa membantu.

#1
Staff 15/12/2015
Public

Pagi sobat,
Sebaiknya tidak perlu kuatir dari hasil pemeriksaan sekret tidak didapatkan penyakit menular seksual.  Ini merupakan bentuk keputihan yang terinfeksi bakteri. Saat ini infeksi jamur juga tidak ditemukan. Sebaiknya pengobatan dilanjutkan, dan tetap menjaga kebersihan area sekitar daerah kewanitaan.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.