Apakah benar ada yang namanya alergi koyo dok?

Halo, dok. Saya wanita berumur 18tahun. Beberapa minggu yg lalu saya menggunakan koyo di bagian perut saya. Sejak 2 hari yang lalu kulit di perut saya terasa gatal dan muncul bentol2 merah kecil2 namun banyak. Tanpa disadari saya terus menggaruk bagian yang gatal hingga sekarang semuanya memerah mengikuti bentuk koyo yang saya gunakan. Apakah benar ini alergi terhadap koyo dok? Lalu apakah ini parah? Mohon bantuannya ya segera dok

1 Jawaban Dokter

Staff 13/12/2015
Public

Halo Sobat,
Terima kasih atas pertanyaannya. Masalah kulit di perut yang dialami Sobat kemungkinan merupakan dermatitis kontak. Dermatitis kontak merupakan peradangan pada kulit setelah terpapar bahan iritan atau alergen. Bahan alergen pada Sobat mungkin merupakan bahan yang terdapat pada lapisan koyo. Penanganan utama dermatitis kontak alergi adalah dengan menghindari paparan alergen. Saat ini, Sobat sebaiknya menghindari garukan atau gesekan pada area kulit yang gatal dan kemerahan tersebut. Untuk menentukan kondisi keparahan masalah kulit Sobat perlu dilakukan pemeriksaan langsung. Jika keluhan Sobat berlanjut, maka sebaiknya Sobat berkonsultasi ke dokter untuk evaluasi dan penanganan lanjut. Salam.

#1
  1. sekarang saya sedang mengkonsumsi incidal dan mengoleskan poviral pada daerah yang gatal dok, apakah tidak apa2 untuk pertolongan pertama?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.