Saya sakit apa ?

dok, tolong bantu saya..
di leher saya muncul benjolan, kyaknya kelenjar getah bening deh, ditambag juga berat badan saya turun lumayan drastis nih dalam seminggu terakhir.
yang saya takutkan saya mengidap HIV/AIDS, terus saya periksa di VCT di RS dan hasilnya saya NEGATIF. saya sangat senang dan legah mendengar hasil tersebut juga pastinya bersyukur, tapi yang jadi pertanyaan saya sakit apa dok ?

1 Jawaban Dokter

Staff 13/12/2015
Public

Selamat pagi Sobat,
Kami mengerti kekhawatiran Sobat akan benjolan pada leher Sobat. Benjolan tersebut mungkin dapat merupakan pembesaran kelenjar getah bening. Pembesaran kelenjar getah bening dapat disebabkan oleh manifestasi infeksi HIV, infeksi tuberkulosis, peradangan di rongga mulut, tumor, dan lain-lain. Penurunan berat badan pada Sobat juga dapat merupakan hal yang berkaitan ataupun tidak berkaitan dengan benjolan pada leher tersebut. Untuk itu, sebaiknya Sobat berkonsultasi langsung dengan dokter agar dapat ditentukan evaluasi dan penanganan untuk kondisi Sobat. Salam.

#1
  1. drnovita Staff 13/12/2015
    Halo Sobat,
    Stres dan kurang istirahat dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penurunan berat badan. Stres/tekanan pasti dihadapi oleh setiap manusia. Kunci untuk menghadapinya adalah melatih ketenangan. Hal ini dapat dicapai dengan cara berbeda sesuai karakter individu tersebut. Misalnya, melakukan hobi/aktivitas yang menyenangkan, meditasi, istirahat yang cukup, mendengarkan musik, olahraga, mendekatkan diri kepada Tuhan, bersosialisasi, makanan cukup gizi seimbang dan teratur, dan lain-lain. Bila stres tersebut mengganggu kesehatan Sobat, seperti kesulitan tidur, kehilangan semangat, sakit kepala, jantung berdebar, dan lain-lain; Sobat sebaiknya berkonsultasi langsung dengan dokter. Salam.
  2. thx dok pencerahannya... apa banyak pikiran dan jarang tidur juga bisa menurunkan berat badan ? soalnya saya akhir" ini agak cemas.. tapi makan tetap teratur..
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.