Mual dan Muntah berkelanjutan

Tanya dok, Ibu saya sudah 3 bulan ini sakit dengan kondisi kesehatan yang fluktuatif alias naik turun. Pada awalnya ibu saya didiagnosa typhus dan sempat rawat inap di Puskesmas selama 5 hari. ketika pulang pun sebenarnya ibu saya belum sepenuhnya sembuh dari typhus. Selama 2 minggu dirumah, ibu saya mulai mual muntah secara kontinyu. Kami pun mulai membawanya ke dokter langganan keluarga. Sempat membaik, tapi lagi-lagi ibu saya mual muntah lagi. Akhirnya dirujuk untuk rawat inap di RSUD setempat. Setelah rawat inap 5 hari ibu saya pun diperbolehkan pulang dengan kondisi kesehatan yang jauh lebih baik.
Tapi 3 minggu kemudian ibu saya mengeluh demam, dan minum obat parasetamol dan antalgin, setelah itu ibu saya kembali mual dan muntah yang akhirnya kondisinya kembali drop. Ketika kembali ke dokter di RSUD menyatakan bahwa lambung ibu saya itu lemah, jadi tidak bisa minum sembarang obat tanpa resep dokter, dan itu yang menyebabkan mual dan muntahnya kembali lagi. setelah kontrol dan mendapat obat itu, ibu saya sempat sangat sehat dan bisa beraktifitas, karena sebelumnya hanya bed rest saja.
2 hari yang lalu ibu saya juga mengeluhkan demam lagi dan minum parasetamol, dan akhirnya mual muntahnya kambuh lagi.
Yang ingin saya tanyakan disini, kira-kira penyebab mual dan muntah ibu saya itu apa ya dok? terus penanganan seperti apa yang harus dilakukan? atau ada resep-resep obat tertentu?
terima kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 12/12/2015
Public

Selamat pagi, kondisi mual muntah bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, terutama gangguan pencernaan di lambung. Bila keluhan mual muntah berulang kembali sebaiknya dikonsultasikan ke dokter spesialis penyakit dalam subspesialis KGEH untuk melihat apakah terdapat luka di lambung atau tidak. Untuk melihat luka atau tidak harus melalui pemeriksaan endoscopi. Untuk sementara ibu sobat harus menghindari makanan yang tinggi lemak dan pedas dan makan dengan jadwal yang teratur. Semoga bermanfaat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.