setiap tidur pasti mengeluarkan keringat dan muncul bentol merah seperti alergi

Assalamualaikum dok. Saya mempunyai anak usia 3 tahun setengah berat badan 12 kg. Anak saya setiap kali tidur baik siang maupun malam baik udara dingin atau panas pasti mengeluarkan keringat berlebih pada bagian kepala tangan punggung dan leher sejak umur 2 tahun dan sejak 8 bulan blakangan ini muncul bentol2 dan kemerahan di sekujur tubuh dan juga susah makan dan susah tidur.

1 Jawaban Dokter

Staff 11/12/2015
Public

Halo Sobat,
Terima kasih atas pertanyaan Sobat. Berat 12 kg utk usia 3 tahun 6 bulan berada pada batas merah. Berat idealnya sekitar 15 kg. Namun, harus diperhatikan juga berat lahir atau berat sebelumnya agar diketahui apakah pertumbuhan anak Sobat wajar atau kurang. Pola makan anak 3 thn 6 bulan sudah menyerupai makanan dewasa (karbohidrat, lauk, sayur, buah), teratur, 3 kali sehari, disertai kudapan di sela-sela makanan utama. 
Anak susah makan dapat disebabkan oleh porsi kudapan yang padat kalori sehingga anak kekenyangan bila saatnya makanan utama: bosan dengan menu makan; atau anak sedang sakit atau murung.
Sobat dapat mencoba mengurangi kudapan yang membuat anak kenyang, memelihara suasana makan yang menyenangkan bagi anak, menyajikan menu makanan yang bervariasi, memberi pujian bila anak menghabiskan makanan dan kasih sayang.
Bila usaha-usaha tersebut belum berhasil, maka Sobat dapat berkonsultasi dengan dokter untuk evaluasi lanjut. Mengenai bentol-bentol dan kemerahan serta keringat berlebih, diagnosisnya memerlukan pemeriksaan langsung. Yang perlu diperhatikan adalah kecukupan asupan cairan anak saat keringat berlebih. Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.