Tali pusar bayi tidak mau puput/lepas

Salam Dokter,
Bayi saya saat ini usia 24 hari tapi sampai sekarang tali pusar nya belum puput/lepas. Aneka treatment sudah dicoba dilakukan, sampai konsultasi ke 2 dokter anak tapi belum berhasil juga. Kronologinya sbb :
– Waktu lahir tali pusar bayi ternyata pendek, tidak sampai 30cm. Tapi diameter tali pusar nya besar, sebesar jari jempol orang dewasa
-usia bayi 2 minggu saya bawa konsul ke dokter spesialis anak yg dari awal lahir nangani, tali pusar bayi diikat pangkalnya pakai benang kecil dan diberikan resep ephineprin yg di teteskan 3x sehari ke tali pusar yg masih basah. Namun ditunggu sampai 3hr blm kering juga, malah makin basah dan berair.
– Hari ke-17 datang lagi ke dokter anak, tali pusar bayi diikat dengan benang yg lbh besar dan lebih kencang ikatannya, lalu sisa tali pusar yg masih berpenjepit dipotong supaya tidak terlalu panjang dan mengganggu perawatan, jadi hanya tersisa sekitar 1cm saja dari pangkal pusar. Lalu diresepkan garam dapur yg harus ditaburi di pusar 3x sehari plus ampul ephinephrin utk diteteskan diatas garamnya.
– Treatment dgn garam dapur lumayan memperkecil ukuran diameter tali pusar, sehingga benangnya lepas dengan sendirinya. Tapi tali pusar masih menempel, blm lepas, dan masih berwarna agak kuning dan sesekali berair
– Minggu ke-3 konsul lagi ke dokter anak, diberi albothyl yg harus diteteskan ke pusar 3x sehari.
– Sekarang sudah berjalan 2hr penberian albothyl, ada perkembangan,pusar tidak basah lagi dan ukuran tali pusar mengecil menjadi sebesar pentul korek api berwarna agak putih. Namun tetap masih nempel, blm bs dilepas.

Menurut dokter anak nya, jika dgn albothyl pun msh tetap tdk mau lepas, langkah selanjutnya harus USG utk lihat apakah ada yg salah dgn organ dlmnya spt ginjal atau yg lainnya. Tapi klo ada berhubungan dgn ginjal, sepertinya tidak dokter, karena pusar tidak bau urine.
Sekarang kondisi pusar bayi kering dan tidak berair, hanya ada seperti penutup sebesar pentol korek api yg tsk mau lepas. Kondisi bayi normal, tidak rewel, tidak panas, menyusu aktif, BAK dan BAB lancar dan normal. Laku kenapa ya dokter tali pusar yg tinggal sebesar pentul korek api itu tidak juga mau lepas?

Mohon pencerahannya.
Terimakasih.

1 Jawaban Dokter

Terima kasih atas pertanyaannya.
Permasalahan tali pusat bayi ibu bisa terjadi suatu granuloma umbilical yg terinfeksi. Tata laksananya harus dikonsulkan ke dokter bedah anak untuk perawatan lbh lanjut. Penjelasan yg lbh detail akan dilakukan oleh dokter bedah anak setelah melakukan pemeriksaan langsung terhadap anak ibu.
-Tim Perinatologi-

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.