Dada terasa berat atau ampeg saat buat tdr terlentang, tapi kali dibuat miring rasa berat itu hilang, tiap mau tdr terasa trs seperti itu

Malam dok, saya pria umur 36 th, tinggi bdn 178, bb 92, saya perokok, saya memiliki penyakit hipertensi, tekanan darah saya paling tinggi 180/95, sdh 4 kali dalam kurun waktu 15 tahun saya masuk rumah sakit akibat hipertensi, tahun kemarin saya melakukan echo tes jantung, dan hasil nya ef : 76%, semua masih dalam keadaaan normal, cuma saya sering ketakutan sendiri dok, apabila tiba2 dibagian dada nyeri, kepikiran yang tdk2, hingga akirnya tensi saya naik lagi, apa saya perlu lakukan tes jantung lagi ya dok?

1 Jawaban Dokter

Staff 07/12/2015
Public

Selamat pagi, terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi kami.  Bila terasa nyeri di bagian dada terutama di bagian dada kiri bisa disebabkan oleh jantung, paru, atau otot. Bila nyeri dada menjalar ke lengan kiri disebabkan oleh jantung. Bila keluhan terus berulang dan disertai berdebar-debar sebaiknya bapak melakukan pemeriksaan EKG untuk melihat irama jantung. Saran saya untuk kesehatan bapak sebaiknya kurangi rokok secara perlahan dan konsumsi obat hipertensi secara rutin untuk kesehatan bapak. Semoga saran ini bermanfaat. 

#1
  1. Maaf dok mau tanya lagi, tiap hari saya konsumsi obat hipertensi, sdh 1th an, kalo sdh echo apa perlu di EKG dok? Atau lebih baik saya ambil treadmill ta dok? Dan nyeri yang menjalar ke lengan itu yang bagiamana ya dok? Soalnya susah mengartikannya, kalo lengan pegal apa itu termasuk nyeri ya dok?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.