Mengatasi sakit perut/eneg pada anak balita

Malam Dok, Anak saya usia 4,5 th.. beberapa bulan terakhir sering mengalami perut tidak enak,sehingga nafsu makan berkurang,hal ini kami ketahui dengan pengakuan anak saya sendiri dgn mengucap,”perut terasa tidak enak”,kami sudah pernah mencoba berkonsultasi dgn dokter anak,& didiagnosa mengalami infeksi saluran usus, Memang betul saya akui,anak saya sejak usia 6 bulan sering mengisap jempol kiri dalam waktu-waktu tertentu (mau tidur & bangun tidur).
Setelah diberikan obat dari dokter anak, rasa sakit pada perut anak saya berangsur membaik, & nafsu makannya pun kembali normal,kemudian saya pun mencoba lebih ekstra dalam hal kebersihan tangannya. Namun akhir-akhir ini 2 (Bulan) sejak saya berkonsultasi sakit perut tsb kambuh lagi, Perbedaannya sekarang adalah jika makan dalam beberapa suap anak saya minta berhenti utk makan dengan alasan perut tidak enak,entah tidak enaknya karena eneg, atau mual. sedangkan nafsu makan anak saya cukup baik apa lagi jika ada makan favoritnya seperti jenis-jenis ikan laut. saya melihat bahasa tubuh anak saya sebenarnya ingin makan,namun dia seperti merasa bahwa kalau dirinya makan,maka perut akan sakit/ga enak.. pernah saya belikan ikan kesukaannya & selera makannya menjadi ada,tak lama berselang selesai makan..anak saya langsung muntah meski dalam berupa cairan saja. Hingga saya tulis ini saya masih bingung apa yg harus dilakukan selain penanganan medis. Terima Kasih.

1 Jawaban Dokter

Staff 04/12/2015
Public

Halo Sobat,
Terima kasih telah mempercayakan layanan konsultasi kami. Perut terasa tidak nyaman dan muntah pada anak dapat disebabkan oleh maag, infeksi, gangguan pencernaan, dan lain-lain. Untuk menegakkannya, diperlukan pemeriksaan fisik langsung. Sebaiknya Sobat memeriksakan anak ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan yang optimal. Salam.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.