halo dok, saya berusia 17 tahun tp saya belom pernah mimpi basah, tp ciri2 nya saya sudah ada bulu2 di sekitar kemaluan, dan ketiak. tapi saya belom ada jakun, suara belom pecah, dan ukuran penis tidak berkembang.. ada masalah apa ya dok kira2?jika saya harus konsultasi, ke dokter spesialis apakah saya harus berobat?

saya berusia 17 tahun tp saya belom pernah mimpi basah, tp ciri2 nya saya sudah ada bulu2 di sekitar kemaluan, dan ketiak. tapi saya belom ada jakun, suara belom pecah, dan ukuran penis tidak berkembang.. ada masalah apa ya dok kira2?jika saya harus konsultasi, ke dokter spesialis apakah saya harus berobat?

1 Jawaban Dokter

Staff 02/12/2015
Public

Malam sobat,
Ketika pubertas dimulai, artinya hormon seks mulai bekerja, dan dimulai dari  pematangan kelenjar sperma, alat kelamin, bulu-bulu di sekitar kemaluan, perubahan suara, hingga pembentukan otot tubuh. Seluruh proses ini memakan waktu bertahun-bertahun, bukan proses semalam atau bulan. Biasanya ditandai dengan aktifnya fungsi kelamin dengan mimpi basah secara rutin, dan juga kemampuan penis untuk ereksi. Bila anda masih cemas, sebaiknya langsung memeriksakan diri dengan dokter spesialis andrologi.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.