Dokter, saya mau tanyaa.

Saya adalah seorang pelajar, wanita umur 15th.
Nafas saya seringkali terasa pendek dan tiba-tiba jantung saya berdetak kencang, beberapa menit kemudian terjadi lagi hal seperti itu. Saya harus sering mengambil nafas panjang agar nafas saya tidak terasa pendek. Kadang-kadang juga ketika detak jantung berdetak cepat, nafas saya berhenti sebentar, kemudian barulah saya bisa bernafas kembali ketika detak jantung kembali normal. Dan bahkan sebangun dari tidur, atau hanya duduk, jantung saya langsung berdetak kencang sekaligus pusing.

Saya juga sering sakit dibagian dada, tapi tak hanya dibagian kiri, kadang ditengah bagian dada, kadang disebelah kanan dada, kadang bahkan juga lengan dan bagian belakang tubuh saya sering merasa sakit.
Entah sakit karena apa, tapi yang pasti bagian yang lain juga ikut sakit.
Hal ini sudah terasa mungkin sejak setahun atau dua tahun lalu. Namun sekarang lebih terasa. Sebelumnya saya tak pernah bercerita tentang hal ini kepada orang tua saya ataupun konsul ke dokter di RS, karena takut merepotkan orang tua.

Menurut dokter, itu karena apa ya?
Terimakasih atas jawabannya,dok.

1 Jawaban Dokter

Staff 29/11/2015
Public

Selamat siang, gejala yang kamu alami bisa disebabkan oleh stres atau rasa takut berlebih yang menyebabkan nafas terasa pendek dan jantung berdetak kencang. Tetapi bisa juga disebabkan oleh penyebab lainnya. Bila keluhan berulang, kamu bisa mencoba memikirkan hal yang menenangkan dan atur nafas agar lebih teratur. Tapi sebaiknya memang kamu menceritakan keluhan kamu ke orangtua. Bila keluhan masih berlanjut sebaiknya kamu konsultasi dan diperiksa langsung oleh dokter agar lebih tepat. Semoga bermanfaat. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.