Benjolan didahi

Anak saya umur 8bulan dan kemarin dia jatuh sampai dahinya terbentur ke lantai setelah saya periksa ada benjolan didahinya dan kalau saya sentuh rasanya lunak seperti ada cairan, itu bahaya gak dok dan bagaimana penanganannya apakah ada yang bisa saya lakukan dirumah untuk menghilangkan benjolannya atau saya bawa ke rumahsakit? Terimakasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

Staff 16/10/2015
Public

Halo Sobat,
Kami mengerti benjolan di dahi anak setelah terbentur merupakan kekhawatiran Sobat. Bila anak memiliki riwayat jatuh dan trauma, kemungkinan benjolan tersebut adalah hematoma (benjolan akibat bekuan darah). Hematoma akan menghilang dengan sendirinya dalam waktu 5-10 hari. Jika benjolan tidak menghilang dalam waktu tersebut, atau anak mengalami gejala sakit kepala berat, muntah menyemprot, kejang, keluar cairan dari telinga/hidung, sebaiknya anak dibawa ke dokter untuk pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut. Salam.

#1
  1. drnovita Staff 16/10/2015
    Halo Sobat,
    Untuk benjolan tersebut, apabila hanya hematom luar, akan hilang sendiri dalam 5-10 hari dan tidak berbahaya. Untuk sementara, Sobat dapat mengompres dengan air dingin 10-15 menit setiap harinya. Sobat tidak perlu mengutak-atik benjolan tersebut. Namun bila benjolan tidak menghilang dalam waktu 5-10 hari, Sobat dapat memeriksakan anak ke dokter. Salam.
  2. Keadaannya sekarang baik-baik saja tapi yang saya khawatirkan benjolannya terasa lunak dan seperti terisi cairan apakah itu bahaya gak dok? atau saya harus kerumahsakit? terimakasih :)
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.