Assalamualaikum dokter, saya mau bertanya, bagaimana memastikan kalau anak itu sdh pernah terkena campak, usia anak saya skrg 11 bulan, perlukah diimunisasi campak lagi, dan masih perlukah diimunisasi MMR juga, kan katanya imunisasi MMR itu imunisasi campak yg diberikan pada saat usia 15 bulan. terima kasih ya dokter.

1 Jawaban Dokter

Staff 15/10/2015
Public

Malam sobat,
Jika anak sudah sehat saat ini, Anak tidak bisa dipastikan sudah terkena campak sebelumnya atau tidak, karena ada banyak virus yang menimbulkan bintik bintik merah di kulit seperti campak. Oleh karena itulah, pedoman kedokteran tetap menganjurkan anak diimunisasi campak walaupun sudah/ diduga terkena campak sebelumnya. Andaikan anak benar benar sudah terkena campak sekalipun, diimunisasi MMR tidak membawa bahaya bagi anak Sobat, dan imunisasi itu juga bermanfaat melindungi anak dari penyakit gondongan dan cacar air, selain campak.
Jadi, anak sobat tetap perlu diimunisasi MMR sesuai jadwalnya. Saat ini MMR belum ditanggung oleh pemeri tah, sehingga Sobat perlu membayar sendiri jika ingin MMR. Jika sudah MMR saat usia 15 bulan, maka saat usia 2-3 tahun tidak perlu imunisasi campak ulangan. Konsultasikanlah hal ini dengan dokter yang menangani anak Sobat. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.