Anak alergi susu sapi jadi sjk usia 2 bln sampe skrg (8bln) anak ddiberi susu nutrilon soya

Sudah 3 miminggu anak sy tdk mau minum susu soya lg, sy inisiatif ganti ke susu sapi tp alergi nya malah kambuh misal nafas berat dan mata belekan lg, itupun anak sy tdk sll mau mnghabiskan susu tsb, sdh jago kl dia menghabiskan sufor nya smpai 90 cc, sjk lahir anak sy tdk diberi asi krn asi sy kerikering atw hampir tdk ada. Usia 6 bln bb anak 11 kg, skrg hanyahanya 9 kg, hampir tiap bln demam ,flu dan batuk. Apa saran dokter guna memenuhi kebutuhan gizi anak saya.fyi, anak sy makan bubur goodmill dan buah tiap hari. Terimakasih.

1 Jawaban Dokter

bu, usia 8 bulan anak kebutuhannya memang sudah tidak cukup dari susu saja, harus makan padat. Tetapi susu masih dibutuhkan. Bila memang anak ibu alergi susu sapi, saat ini terpaksa harus soya bu. karena kalau ibu tetap berkeras dengan susu sapi nanti bisa sampai saluran napasnya bengkak dan anak tidak bisa bernapas. termasuuk makanan padatnya tidak boleh yang mengandung susu sapi seperti biskuit, keju, dll yang ada kandungan susu sapinya. 
sementara berikan makanan padat buatan rumah saja bu, jadi gizinya bisa macam-macam. bubur nasi dengan hati ayam, daging, ikan, sayur, dll. 
susu saran saya bila anak tidak alergi dengan soya, berikan soya. 
untuk BB, saat ini lebih bagus dari sebelumnya. usia 6 bulan dengan BB 11 kg itu obesitas, anak akan mengalami kesulitan bergerak dan perkembangannya akan terganggu. 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.