saya sudah berumur 19 tahun . sudah 1tahun lebih 2 bulan ini saya mengalami penyakit gatal yang tak sembuh-sembuh dok. mungkin sejak saya umur 5 tahun penyakit ini ada dan tumbuh . kadang menghilang tapi datang lagi dok. sudah saya coba berbagai pengobatan seperti pakai salep china , tapi itu hanya sementara dok . sebenarnya saya mempunyai penyakit apa ya dok ? dan bagaimana penyembuhannya agar penyakit ini tidak kembali lagi ke kulit saya dok ?

Bagaimana ya dok cara pengobatan agar penyakit menahun saya bisa sembuh ? Saya malu dok memiliki penyakit kulit yang tidak kunjung sembuh , sudah berbagai cara saya lakukan untuk penyembuhannya entah itu minum obat ataupun mengoleskan dengan salep alergi . Tapi itu hanya sementara dan meninggalkan bekas coklat di kulit . Dan akan tumbuh lagi itu juga. Terutama tumbuhnya itu di bagian jari tangan , dan kaki dok. Bagaimana penyembuhan nya dok agar penyakit ini tidak kembali lagi dan sembuh serta tidak meninggalkan noda / bekas nya dok ?

1 Jawaban Dokter

Staff 06/09/2015
Public

Malam Sobat,
Hal tersebut bisa disebabkan berbagai hal, antara lain alergi, iritasi oleh bahan tertentu,dan lainnya . Untuk memastikan apa penyakit Sobat,maka dokter harus melihat dan memeriksa kondisi kulit Sobat secara langsung,tidak bisa secara online saja. Sebaiknya periksakan diri Sobat ke dokter/ dokter kulit agar dapat dipastikan penyebabnya. Pengobatan akan beergantung dari penyebab keluhan Sobat. Semoga saran ini membantu sobat.
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.