Minta penjelasan tentang masalah tubuh badan yang saya alami .

Doktor , umur saya telah pun 19 tahun . Selalunya umur remaja mempunyai tubuh yang cantik . Berat badan saya hanyalah sekitar 36-38kg dan kadangkala berat menurun . Tubuh saya sangat kurus . Saiz payudara dan punggung juga kecil , kalau dilihat saiz yang tak normal . Senang kata kalau dilihat bila berpakaian tak nampak apapa bentuk pada tubuh saya . Saya rasa malu bila berhadapan dengan orang keliling dan inginkan tubuh yang normal macam remaja perempuan lain . Kenapa ya doktor ? Adakah saya berpenyakit ? Terimakasih doktor .

1 Jawaban Dokter

Staff 09/09/2015
Public

Halo Sobat,
Bentuk dan proporsi tubuh (tinggi badan, lekukkan tubuh; besar dan bentuk payudara atau bokong) sangat dipengaruhi faktor genetika. Menaikkan berat badan dimulai dari menjaga kesehatan tubuh – konsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup dan olahraga yang teratur setiap harinya. Kemudian dimulai dengan meningkatkan konsumsi makanan secara perlahan dalam jangka waktu yang lama (beberapa bulan hingga tahun). 
Bila nafsu makan sobat memang buruk, ditambah adanya gejala lain seperti badan yang selalu terasa lemah dan lesu – sebaiknya sobat konsultasikan diri langsung ke dokter untuk pemeriksaan lanjut. Beberapa penyakit dapat mengganggu nafsu makan. 
Untuk informasi tambahan silahkan baca:
http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/badan-kurus-ingin-gemuk
http://www.tanyadok.com/artikel-konsultasi/makan-banyak-tapi-tidak-juga-gemuk-bagaimana-solusinya

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.