mimisan disertai hidung tersumbat yang berlangsung lama dan berulang-ulang

Dok saya mau tanya, saya sering mimisan disertai mampet pada lubang kiri hidung saya, biasanya mimisan terjadi ketika hidung saya mampet lama, setelah mimisan selesai hidung saya kembali normal, tp selang beberapa hari lagi hidung saya mampet lama dan akhirnya mimisan lg, kejadian trsebut terus menerus terulang, saya sudah periksa ke dokter tht dan 2 kali di pompa hidung saya, kata dokter tersebut saya sudah sembuh, akan tetapi saya masih sering mimisan disertai lendir merah kadang waktu saya mengeluarkan dahak, dahak saya warna merah kehitaman. Saya mau tanya penyakit apa yg saya derita ini dok,? Tks

1 Jawaban Dokter

Staff 08/09/2015
Public

Halo sobat,
Mimisan paling sering disebabkan dari luka/trauma akibat gesekan/ cakaran lubang hidung, pukulan ke area wajah dan udara kering (bisa pada suhu dingin atau panas). Penyebab lainnya adalah adanya benda asing di dalam rongga hidung, kelainan anatomi hidung, kelainan pembuluh darah atau akibat beberapa obat-obatan terntentu (obat anti-radang tetes hidung). Anak kecil lebih rentan terhadap terhadap penyebab2 tersebut dikarenakan struktur dan permukaan rongga hidung mereka yang lebih tipis & sensitif.
Mimisan dengan jumlah darah yang sedikit dan dapat berhenti sendiri dalam waktu 5 – 15 menit merupakan gejala ringan dan tidak perlu dikhawatirkan. Namun bila terlalu sering mengalamai mimisan (setiap hari) atau ditemukan perdarahan yang banyak, perdarahan yang tidak kunjung berhenti, bau tidak sedap dari darah/ ingus, demam, keluhan hidung tersumbat, pucat atau mimisan yang disertai gejala ingin pingsan – segera periksan diri ke dokter atau dokter spesialis THT. Semoga informasi ini membantu, terima kasih.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.