telinga bayi saya mengeluarkan air dan nanah

assalamu alaikum, dok saya punya anak laki-laki usia sdh 4 bulan. waktu 3 bln saya kaget kok anak saya telinganya tiba-tiba mengeluarkan kotoran berwarna putih dalam jumlah banyak. saya kira itu kotoran telinga jadi saya bersihkan, esoknya begitu lagi. selama seminggu saya biarkan setelah itu sy bawa kedokter THT, disana telinga kananx dikompres yg kiri hanya dibersihkan. pulang dokter beri sy antibiotik. tp 2 minggu kemudian telinga kirinya lg yg berair dan keluar nanah jg didaun telinga yg berair. saya ingin bertanya : 1. menurut dokter bagaimana dengan keadaan telinga anak saya? 2, bagaimana penanganannya, soalnya di dokter THT yg sy bawa katanya tidak boleh kena air sampe bertahun2 jg ndk boleh sampe flu. 3. apakah klu masih bayi begitu tidak mengganggu pendengarannya, dan bagaimana penyembuhannya? saya sangat berharap penjelasannya dok. saya sangat khawatir dengan keadaan pendengaran anak saya. terima kasih sebelumnya dok… salam

1 Jawaban Dokter

Staff 29/08/2015
Public

Sore Sobat,
1. Yang paling mengetahui kondisi telinga anak Sobat adalah dokter yang langsung melihat dan memeriksa anak Sobat. Kemungkinan anak Sobat mengalami infeksi telinga tengah, biasanya sebagai akibat lanjutan dari batuk/pilek. Pengobatan memang mencakup pemberian antibiotik dan pembersihan cairan nanah di telinga. Pembersihan cuci telinga harus dilakukan rutin 3x sehari selama beberapa hari, jika Sobat tidak bisa melakukannya sendiri artinya Sobat harus kembali ke dokter THT tersebut lagi untuk cuci telinga hingga telinga kering / tidak keluar  cairan lagi. Sedangkan antibiotik harus diminum selama minimal seminggu.
Selanjutnya anak Sobat juga harus dijaga kondisi telinga nya agar infeksi telinga nya tidak kambuh lagi. Tanyakanlah pada dokter THT untuk informasi yang lebih jelas
2. Hal ini pasti akan mengganggu pendengaran telinga anak Sobat, karena gendang telinga menjadi ada yang bolong. Namun, seberapa besar gangguannya tergantung dari lokasi dan besar robekan gendang telinga. Dalam beberapa kasus jika robekan nya kecil maka gendang telinga bisa menutup kembali setelah infeksi sembuh. Periksakanlah kembali anak Sobat ke dokter THT agar dapat dilanjutkan penanganannya.  
Jika ada hal yang masih belum jelas mengenai tindak lanjut pengobatan anak Sobat dan kondisi telinganya, jangan ragu untuk banyak bertanya pada dokter THT. Semoga saran ini membantu Sobat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.