Rasa lelah memang wajar terjadi apalagi setelah anda seharian beraktivitas, tetapi bila rasa lelah datang terus menerus hingga mengganggu aktivitas harian anda, mungkin rasa lelah ini adalah “sinyal” dari tubuh akan sesuatu yang salah dalam tubuh. Apa saja hal bisa menimbulkan rasa lelah berlebihan ?
  1. Kurang tidur. Waktu tidur yang berkurang merupakan faktor yang membuat anda semakin lelah. Buatlah jadwal tidur yang teratur dengan lama tidur minimal 6-8 jam sehari.
  2. Kurang energi. Makan terlalu sedikit membuat suplai energy berkurang dan lelah pun timbul. Tapi makan makanan tidak sehat juga sama. Jadi sebaiknya pilihlah menu seimbang yang sesuai dengan kebutuhan kalori anda setiap harinya.
  3. Anemia. Jangan-jangan anda mengalami kurang darah sehingga rasa lelah tak mau pergi. Periksalah kadar hemoglobin anda untuk pastinya dan perbanyak makan daging, hati, buncis dan makanan kaya besi dan bila perlu suplemen besi.
  4. Depresi. Depresi tidak hanya berpengaruh pada jiwa anda tapi bisa pula timbul dalam bentuk berbagai gangguan fisik. Jikan anda merasa lelah, hampa dan tak berguna hingga berminggu-minggu, segeralah temui dokter anda.
  5. Hipotiroidisme. Kurangnya hormon tiroid dalam tubuh menurunkan metabolisme tubuh, akibatnya tubuh kekurangan energi untuk beraktivitas.  Anda akan merasa cepat lelah dan berat badan terus meningkat tanpa sebab. Sebaiknya anda segera berkonsultasi dengan dokter anda.
  6. Terlalu banyak kafein. Kafein dalam kopi, coklat, minuman bersoda dan teh memang membuat anda tetap sadar dan waspada, tapi terlalu banyak kafein membuat tekanan darah meningkat dan denyut jantung anda sehingga timbul rasa lelah. Jadi mulailah kurangi konsumsi kafein.
  7. Infeksi saluran kemih. Penyakit satu ini membuat rasa panas dan rasa kebelet pipis yang biasanya anda abaikan. Tapi justru kadang gejalanya hanya rasa lelah saja. Segeralah obati agar penyakit tidak bertambah parah.
  8. Diabetes. Penyakit kencing manis ini biasanya diawali dengan rasa lelah. Rasa lelah timbul karena tubuh tidak mendapatkan sumber energy yaitu gula, karena gula tidak bisa masuk dalam sel. Cobalah cek kadar gula darah anda dan segera berkonsultasi bila hasilnya tinggi.
  9. Dehidrasi. Kurang cairan membuat metabolisme tubuh menurun akibatnya rasa lelah timbul. Pastikan konsumsi air minimal 1,5 liter per hari dan tambahkan dua gelas air pada aktivitas yang lebih dari biasanya.
  10. Penyakit jantung. Ketika kegiatan ringan saja membuat anda lelah, atau aktivitas yang mulanya dapat anda lakukan tapi lama kelamaan semakin berat dan lelah untuk dilakukan, mungkin jantung andalah yang bermasalah. Perubahan gaya hidup hingga obat dapat menjadi solusinya.
  11. Pembagian jam kerja. Bila anda termasuk pekerja dengan pembagian jam malam, maka dapat timbul gangguan tidur akibat jam tidur yang berubah. Tidur yang tidak puas ini akhirnya menimbulkan rasa  lelah. Atasi dengan membuat suasana kamar nyaman dan gelap saat mau tidur di siang hari. Jika tidak berhasil mintalah jam kerja pagi untuk beberapa saat.
  12. Fibromyalgia dan sindroma lelah kronis. Jika rasa lelah telah mendera anda hingga 6 bulan dan membuat anda sulit beraktivitas, mungkin anda mengalami fibromyalgia atau sindroma lelah kronis. Sebaiknya anda berkonsultasi dengan dokter terapis untuk mengatasinya.
Jika rasa lelah anda terbukti tidak terkait dengan penyakit apapun, maka olahraga adalah solusi tepat. Anda cukup melakukan olahraga ringan seperti berjalan atau bersepeda santai selama 20 menit, tiga kali seminggu dan hal ini terbukti dapat mengatasi rasa lelah anda.