Cara Menghilangkan Bau Badan

Memiliki pertanyaan seputar bau badan? Sobat perlu tanyakan pada dokter agar langsung mendapat jawaban terpercaya. Tuliskan pertanyaan Sobat secara lengkap untuk membantu tim dokter TanyaDok menjawab dengan lebih baik. Atau baca dulu artikel terkait.

Tanya Dokter di Sini:

Bagaimana mengatasi bau badan?

Berikut adalah tips-tips yang bisa Anda lakukan sendiri untuk mengatasi bau badan :

  1. Mandi setiap hari. Mandi yang teratur, terutama dengan sabun antibakteri membantu mengontrol jumlah bakteri di kulit.
  2. Mengeringkan kaki secara menyeluruh sehabis mandi karena mikroorganisme bisa berkembang di area-area lembab diantara jari-jari kaki.
  3. Pilih sepatu dan kaus kaki dari bahan-bahan yang bisa mencegah kaki berkeringat atau menyerap keringat, seperti sepatu dengan bahan kulit, sepatu terbuka atau sandal, kaus kaki dari bahan katun.
  4. Memakai deodoran atau antiperspiran pada ketiak sehabis mandi dan setelah mengeringkan badan. Namun perlu diingat bahwa deodoran tidak mencegah berkeringat. Deodoran berfungsi menutupi bau yang ditimbulkan bakteri pada kulit yang berkeringat. Sementara, antiperspiran adalah bahan kimia yang dapat mengurangi berkeringat. Banyak jenis antiperspiran juga mengandung deodoran, yang bisa membantu untuk menutupi bau.
  5. Menjaga ketiak tetap kering. Bakteri lebih sulit untuk berkembang biak di daerah tubuh yang kering.
  6. Memakai larutan hidrogen peroksida dan air. Masukkan satu sendok teh peroksida (3%) ke dalam satu gelas (800cc) air. Usap larutan ini dengan kain lap pada daerah ketiak, kaki, pangkal paha. Hal ini bisa membantu menghancurkan beberapa bakteri yang menimbulkan bau.
  7. Mencuci pakaian olahraga dengan sering. Pakaian olahraga yang mengandung keringat adalah tempat berkembang biak yang disukai bakteri.
  8. Mengubah diet. Makanan berlemak, minyak, atau makanan berbau tajam seperti bawang putih, kari, dan bawang, bisa merembes melalui pori-pori dan menyebabkan bau badan.
  9. Jika Anda memiliki keringat berlebih (hiperhidrosis), berkonsultasilah dengan dokter. Masalah medis tertentu dapat menyebabkan keringat yang berlebihan.
  10. Mencukur rambut ketiak secara teratur akan membantu mencegah akumulasi bakteri dan dapat mengurangi keringat dan bau.
  11. Melakukan teknik relaksasi seperti yoga atau meditasi. Latihan ini bisa membantu mengontrol stres yang memicu terjadinya keringat.

Sudah melakukan cara – cara di atas, tetapi tidak membuahkan hasil?

Button Tanya Dokter 100x35