dok, saya sering pusing spt naik kapal..ga ada keseimbangan..sejak kecil srg vertigo.akhir2 ini sering kambuh..setiap pndah posisi tidur pasti pusing apalagi kalo miring ke kiri.jg kepala terutama di atas telinga kiri rasanya tebal..n kesemutan.pinggang kiri saya jg terasa pegal bahkan sampai ke tulang ekor.saya disarankan utk periksa ke dokter syaraf oleh dokter umum.saya wanita usia 39 th.mohon bantuannya..terimakasih…

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Gejala yang anda rasakan bisa saja merupakan manifestasi dari benign positional paroxysmal vertigo (BPPV), alias vertigo yang muncul pada posisi kepala tertentu. Tetapi gejala rasa tebal pada telinga kiri dan rasa kesemutan dari pinggang sampai ke tulang ekor bisa jadi karena masalah pada syaraf. Bisa saja kedua hal tersebut adalah penyakit yang berbeda.

Rasa pusing bisa terjadi karena sentral, atau perifer. BPPV merupakan problema perifer (organ telinga), dan perlu dikonsultasikan ke dokter THT. Sedangkan jika pusing terjadi karena sentral (organ sistem saraf pusat seperti otak) perlu dikonsultasikan ke dokter syaraf. Rasa kesemutan dari pinggang sampai ke tulang ekor tersebut dapat terjadi karena masalah syaraf.

Silahkan kunjungi dokter yang terkait untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan diberikan tatalaksana yang sesuai.

Terimakasih.