asalamualaikum ,selamat malam dok, saya seorang laki-laki berusia 18 tahun, saya mau bertanya masalah varises buah zakar (varises testis). sudah sebulan saya mengetahui buah zakar sebelah kiri saya sepertinya terkena varises buah zakar, perbedaan antara pembuluh darah buah zakar kiri dan kanan, yg sebelah kiri terasa pembuluh darahnya besar dan berkelok jika diraba..

apakah penyebabnya dok? bagaimana cara penyembuhannya? apakah saya bisa lulus tes kesehatan jika saya daftar Polri ? saya ingin daftar polri yang saya takutkan jika tidak lulus kesehatan pertama yang dipriksa kemaluannya? terus apakah dapat menyebabkan kemandulan dok? sebab setelah saya baca artikel-artikel dapat menyebabkan kemandulan. setelah saya baca itu saya kepikiran dan takut dok.. mohon dijawab,, terimakasih

 

Jawaban Dokter :

Halo sobat, Varikokel hanya dapat dipastikan dengan melakukan pemeriksaan fisis secara langsung. Belum tentu yang anda raba adalah pembuluh darah, tapi bisa saja tali spermatik. Diagnosa varicocele tidak cukup hanya dengan melihat pelebaran vena pada testis / buah zakar. Namun harus melalui pemeriksaan dokter, dan usg untuk melihat apakah testis berisi cairan. Cairan yang menumpuk inilan yang bisa menyebabkan kemandulan. Namun hal ini harus dikonfirmasi pula dengan analisa sperma. Kunjungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung. Saya rasa tidak ada hubungannya dengan tes kesehatan untuk polri.

Informasi mengenai varikokel bisa anda simak di artikel: http://www.tanyadok.com/kesehatan/buah-zakar-bengkak-mungkin-varikokel Semoga membantu.