Berat badan saya tidak seimbang, terutama di bagian paha terasa besar sekali. Bagaimana cara mengatasinya & pipi saya chubby bngt gmn caranya agar
tdk chubby lg. thx�

Jawaban Dokter :

Dear,

Terima kasih atas pertanyaan kamu.

Berat badan yang tidak seimbang – berapakah berat badan dan tinggi badan kamu?

Cobalah menghitung indeks massa tubuh dengan cara : BB/(TB)2 — berat badan dibagi dengan tinggi badan dalam satuan meter, yang dikuadratkan.

Misal: berat badan kamu 50, tinggi badan 160, maka indeks massa tubuh = 50/(1,6)2 = 19,5

Jika indeks massa tubuh lebih dari 23, berarti berat badan kamu berlebih.

Pada keadaan ini tentu olahraga dapat dilakukan secara umum (misalnya: jogging, senam aerobik, bersepeda, berenang), tidak hanya olah raga yang spesifik untuk melatih paha. Olah raga disini bermanfaat untuk memakai kalori lebih banyak, sehingga diharapkan lemak akan terbakar dengan sendirinya, di semua tempat penumpukannya.

Jika indeks massa tubuh kamu sudah normal, dan kamu ingin memperbaiki bentuk paha, kamu dapat tetap melakukan olah raga seperti di atas, ditambah dengan gerakan khusus yang melatih otot paha. Gerakannya sebenarnya bermacam-macam, berikut hanya sedikit contoh diantaranya:

1. Berdirilah dengan 1 tungkai di depan, dan 1 tungkai di belakang. Kencangkan otot perut, dada tetap tegak, kemudian tekuklah lutut sedikit demi sedikit.

2. Teruskan sampai posisi seolah duduk di kursi, dan hentikan pada posisi yang kamu rasa nyaman.

3. Upayakan membagi berat badan sama rata ke kedua tungkai

4. Kembali naikkan badan ke atas, luruskan lutut perlahan. Jangan membungkuk.

5. Hentikan posisi tubuh persis sebelum lutut lurus, kemudian ulang semua gerakan ini dari awal.

Nah, bagaimana? Sudahkah ada gambaran tentang bagaimana membentuk tubuh, khususnya paha? Di samping olah raga, pengaturan makan juga perlu dilakukan. Hindari makanan berlemak (gorengan, martabak manis, gulai santan) dan mengandung gula sederhana (es krim, sirup, cake). Pipi chubby kalau tidak disertai kegemukan pada badan, tentu justru menjadi hal yang perlu Anda syukuri sebagai keunikan Anda. Tetapi, dengan menurunkan berat badan, biasanya lemak di pipi juga akan sedikit berkurang.

Sekian informasi yang dapat saya berikan, semoga bermanfaat,