selamat pagi teman” dan dokter. saya mau nanya ttg tumor payudara.

gini, ud hampir 1 tahun istri saya sakit di bagian payudara. kemarin kami pergi cek ternyata istri saya terkena tumor payudara. tapi masih dalam proses dokter untuk mengecek tumor payudara ini ganas atau jinak. saya mau nny tumor payudara yg diderita istri saya .bagaimana cara atasi tumor payudara ini tanpa operasi ya dan apa tumor payudara ini penyakit berbahaya. Tolong berikan saya jawaban ya.

Jawaban Dokter :

Siang sobat William,

Benjolan payudara merupakan keluhan wanita yang cukup umum. Benjolan pyd dapat jinak atau ganas. Benjolan payudara pada wanita dibawah usia 40 tahun umumnya bersifat jinak (walaupun tidak seluruhnya) dan yg ganas cenderung muncul saat usia tua (usia rata-rata 60 tahun).

Benjolan pyd jinak termasuk penyakit fibrosistik (hormonal), fibroadenoma (hormonal), abses atau mastitis (infeksi). Fibroadenoma adalah benjolan pyd jinak paling sering dialami wanita usia <35 tahun. Fibrokistik adalah benjolan pyd jinak yang mempnyai gejala cirikhas nyeri bersiklus (dirasakan pada saat menjelang menstruasi atau ketika PMS). Abses dan mastitis adalah infeksi payudara yang umumnya dialami wanita yang sedang menyusui. Secara umum ciri tumor jinak adalah: benjolan kecil, tidak bertumbuh cepat, nyeri, kulit payudara normal (tidak muncul lembam/ luka) dan dapat digerakan dengan mudah; ciri tumor ganas: benjolan besar, bertumbuh dengan cepat, tidak dapat digerakan, ada perubahan kulit payudara, dan kelainan putting susu (keluar darah, tertarik masuk). Langkah kalian sudah benar untuk berobat ke dokter/ dokter spesialis bedah onkologi. Ada kemungkin dokter anda akan meminta pemeriksaan mammografi dan/atau biopsi jarum halus (dpt dilakukan berkala dalam pemantauan). Lakukanlah pemeriksaan sesuai anjuran dokter agar diagnosis dapat ditegakan. Pengobatan akan bergantung dari diagnosa dan keputusan dokter; mungkin akan dibiarkan untuk dipantau atau dapat dioperasi. Semoga informasi ini membantu, semoga beruntung.

Diabetes