Anak saya usia 18bulan,sulit untuk diajak makan.per tgl 10 maret berat badannya 10kg tinggi 78cm.dia lebih suka minum susu nutrilon 3 pronutra,sehari bisa minum 4-5 botol (120-180ml).sya sudah coba memasak macam2 menu makanan tapi tidak ada yg mau,tapi dia sukA makan buah naga merah dan pepaya yg dingin..bagaimana solusi supaya dia mau makan nasi?
Kemudian sampai sekarang dia masih blm bisa bicara,baru bisa ucap mama,papa,dada,dan bbrp akhiran2 kata.untuk daya ingatnya memang bagus terutama meniru gerakan disekitarnya tapi kenapa perbendaharaan katanya masih sedikit ya dok?
Dia lbh suka lari kesana kesini sendiri daripada main sama teman2nya,lbh asik main sendiri dan sesuka hatinya..apakah ini wajar dokter?

Jawaban Dokter :

anak diatas 1 tahun kadang memang mogok makan bu. Anak tidak harus makan nasi bu, pengganti karbohidrat pun boleh seperti roti, kentang, soun, dll selama dikombinasi dengan protein, lemak, dan sayur. Coba ibu ganti piring dan peralatan makannya bu, kadang bisa membantu. Coba makan bersama-sama di meja makan jangan hanya anak sendiri yang makan. Minum susunya maksimal 500 ml/hari. Pada jam makan bila tidak mau makan jangan diganti dengan susu. Semoga bisa membantu.
Untuk kata-kata, usia 18 bulan yang diharapkan memang belum banyak untuk perbendaharaan kata bu. Kita harapkan dia bisa 4 kata. Nanti setelah anak 24 bulan umumnya perbendaharaan katanya langsung meningkat cepat sekitar 50 kata.Â
Untuk anak usia 18 bulan memang belum dapat main dengan teman sebayanya bu. Masih bermain sendiri, dan masih mengeksplorasi dunia di sekitar nya.