Siang Dok, Papa saya terkena turun trombosit, diabetes, hampir terkena penyakit ginjal dari hasil lab sekarang di ICU, urgent dok!

Selamat siang dokter, saya ingin bertanya mengenai judul di atas dan sebelumnya saya ingin memperkenalkan diri, Nama saya Ancha Carlstone, saya tinggal di Jakarta Barat daerah Taman Palem Lestari.
Hari ini (09/01/2015) Papa Saya sedang di ICU Rs Rumah Sakit Hermina. Papa Saya mengalami penurunan Trombosit hingga 4.000 disebabkan karena demam berdarah, Diabetes sudah mencapai 753, dan hasil lab mengatakan terkena penyakit ginjal, untuk jenis ginjal nya belum saya tanyakan apa jenis nya dan umur papa saya saat ini 51 Tahun.
Hal yang saya ingin tanyakan:

  1. Apakah kemungkinan bisa sembuh jika di rawat terus menerus di Rumah Sakit di ruang ICU dan membuhkan waktu berapa lama?
  2. Bagaimana cara menaikan Trombosit hingga kembali normal atau setidaknya menaik dan butuh waktu berapa lama?
  3. Bagaimana dan cara apa yang bisa menurunkan Diabetes sehingga terus menurun?
  4. Apakah ada obat/minuman/makanan yang bisa menyembuhkan penyakit yang di derita papa saya dok?

Saya sangat sedih setelah mendengar kabar dari cici saya yang berada di Jakarta mengenai sakitnya papa saya, kebetulan saya sedang berada di luar Indonesia dan saya sangat berharap bisa membantu untuk menyembuhkan papa saya sehingga bisa kembali beraktivitas, dan saya berharap dokter bisa membantu kami semua karena jawaban dokter sangat bermanfaat untuk kami, tolong berikan saya solusi terbaik dari Dokter, berikut Email: [email protected] No Telp 082298856789,  Terima kasih atas perhatiannya Dok.

Jawaban Dokter :

Malam Ancha,
1. Ruang ICU memberikan perawatan medis yang lebih lengkap dan intensif dibandingan dengan ruang perawatan biasa. Lamanya perawatan di ICU atau tingkat keberhasilkan kesembuhan penyakit akan sangat bergantung dari kondisi kesehatan, penyakit dan komplikasi yang diderita pasien. Tanyakan hal ini ke dokter yang merawat ayah anda untuk informasi yang lebih tepat.Â
2. Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Dengue. Virus tersebut mengganggu produksi sel keping darah (trombosit). Ditambah dengan penggunaan trombosit yang meningkat pada saat terserang infeksi, penderita akan mengalami penurunan trombosit. Penyembuhan penyakit ini bergantung dari daya tahan tubuh (sistem imunitas) masing-masing pasien; sampai sekarang tidak ada obat anti-virus khusus untuk mengobati demam berdarah. Dengan berhasilnya imunitas tubuh penderita mengeradikasi virus Dengue, nilai trombosit akan meningkat secara bertahap. Kapan proses tersebut akan tercapai akan sangat bergantung dari daya tahan tubuh ayah anda; setiap penderita akan bervariasi. Ada kemungkinan dokter yang merawat ayah anda akan melakukan transfusi trombosit untuk mengatasi keadaan tersebut. Perawatan utama medis yang diberikan adalah mengganti carian tubuh/darah yang hilang akibat proses penyakit dan pemberian obat untuk mengatasi gejala seperti obat untuk mengatasi demam,nyeri atau mual.Â
3. Diabetes mellitus (kencing manis) adalah penyakit metabolik kronis yang ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah. Penyakit ini tidak bisa disembuhkan, namun bisa dikontrol dengan perubahan gaya hidup dan pengobatan. Kadar gula yang melebihi nilai rata-rata pada penderita DM dapat terus meningkat pada saat proses infeksi, seperti infeksi demam berdarah yang sedang dialami ayah anda. Kadar gula yang terlalu tinggi dapat menimbulkan komplikasi lebih lanjut. Bergantung pada pertimbangan dokter, ada kemungkinan ayah anda akan diberikan obat penurun gula darah yang diberikan melalui jalur infus. Komplikasi dari penyakit DM yang tidak terkontrol adalah kerusakan pada ginjal. Selain komplikasi penyakit DM, penurunan fungsi ginjal juga dapat disebabkan oleh komplikasi dari demam berdarah. Modalitas terapi dan kemungkinan penyebuhan penyakit  ginjal akan bergantung dari penyebabnya (akut/baru atau kronis/lama). Tanyakan hal ini ke dokter yang merawat ayah anda.
4. Meningkatkan konsumsi air minum merupakan hal yang penting bagi penderita demam berdarah; bertujuan untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang. Bila pasien sadar dan dapat melakukannya tanpa masalah, tim perawat akan menganjurkan hal tersebut. Salah satu modalitas penanganan penyakit DM yang penting adalah mengadopsi pola makan yang sehat (informasi dari link dibawah), namun hal ini tidak diprioritaskan pada saat perawatan di ICU.
 
Kami turut prihatin atas kondisi ayah anda, semoga informasi yang kami berikan dapat membantu. Kembali lagi, untuk informasi yang lebih lengkap dan akurat tentang kondisi ayah anda, mohon tanyakan langsung ke dokter yang merawat. terima kasih.
Untuk informasi lebih lanjut: http://www.tanyadok.com/kesehatan/demam-berdarah-dengue, http://www.tanyadok.com/berita/download-faq-dengue, http://www.tanyadok.com/kesehatan/diabetes-mellitus-pada-pasien-lanjut-usia, http://www.tanyadok.com/berita/diet-tepat-untuk-penderita-diabetes, http://www.tanyadok.com/kesehatan/pengobatan-diabetes-mellitus