Dok, saya mau tanya. Saya dngar klo HIV dpt menular melalui pasangan homoseksual. Lalu bagaimana jika (anggap saja ini benar-benar) pasangan tersebut blum pernah melakukan sex sama sekali ? Apakah hal ini dpt menimbulkan hiv ? Dan pasangan itu saling setia (anggap saja begitu) dalam artian, dia tidak berhubungan dengan orang lain, walaupun dengan wanita.
Tolong penjelasan lengkapnya, dok. Thanks.�

Jawaban Dokter :

Terima kasih atas pertanyaan Anda,

HIV (human immunodeficiency virus) adalah virus yang menyerang sistem kekebalan tubuh manusia sehingga manusia tersebut akan rentan terhadap berbagai kuman penyakit, yang pada orang normal dapat diusir dari tubuh oleh daya tahan tubuh yang normal.

Virus ini menular dari ibu ke bayinya sejak dalam rahim atau waktu menyusui, sedangkan dari satu orang ke orang lain melalui kontak seksual, penggunaan jarum bersama, dan transfusi darah dari orang yang terinfeksi HIV. Homoseksual dikatakan memiliki risiko lebih tinggi untuk mendapatkan infeksi HIV karena hubungan seks yang dilakukan biasanya adalah seks anal, yang lebih memungkinkan terjadinya luka berdarah. (darah adalah media terbaik penularan HIV).

Namun, jika tidak dilakukan hubungan seksual, dan pasangan tersebut BERSIH dari HIV, tentu seseorang tidak akan tertular.

Tidak ada sebutan "HIV timbul" begitu saja. Yang ada adalah "HIV ditularkan". Jadi, harus ada sumbernya.

Setia pada pasangan seksual penting untuk menjamin tidak ada sumber penularan HIV di luar pasangan kita.

Sekian informasi yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.