salam kenal, usia saya 25 tahun dan belum menikah, saya mau tanya dok, soalnya payudara sebelah kanan saya terasa keras dan perih, saya sudah melakukan sadari (periksa payudarah sendiri) hasilnya mengeluarkan cairan bening kecil (seperti embun), apa itu gejala kanker dok? kalau bukan saya sakit apa?mohon bantuannya,terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,

Keluarnya cairan dari puting payudara dapat dikatakan normal untuk berbagai alasan, namun dapat menjadi keluhan utama apabila disertai nyeri pada payudara. Biasa normal pada perempuan yang menginjak masa puber nya dan disertai nyeri pada payudara apabila memasuki masa haid.

Mari kita kenali berbagai warna cairan yang keluar dari puting payudara tersebut, apabila warnanya putih bening seperti berembun paling sering ditemukan, mungkin hanya penumpukan cairan karena perubahan hormon, biasa pada masa-masa puber, warna putih jernih, ditemukan pada masa kehamilan, cairan disertai darah, mungkin merupakan kanker atau keganasan, apabila warna kekuningan, kehijauan, mungkin dikarenakan infeksi.

Apabila keluhan dirasakan mengganggu, anda perlu periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat. Semoga bermanfaat.

Salam

Diabetes