Dok, saya khawatir dengan siklus haid saya. tahun 2010 saya tidak haid selama 5 bulan, setelah diperiksa dokter saya diresepkan obat regumen dan seminggu kemudian saya haid. selanjutnya siklusnya bisa dibilang lancar walaupun maju mundur. tetapi sejak 2 bulan ini kenapa haid saya hanya sedikit dan hanya 1 atau 2 hari. warnanya pun agak sedikit kecoklatan. Apa penyebabnya dok?

Jawaban Dokter :

salam sehat,

Setiap bulan dengan rerata siklus sekitar 28 hari wanita akan mengalami haid yang berasal dari peluruhan endometrium atau lapisan dari rahim, biasanya akan kelaur berbentuk darah segar dan memang terkadang dijumpai gumpalan, hal tersebut merupakan jaringan endometrium yang ikut luruh dan merupakan hal yang normal asalkan jumlahnya tidak berlebihan.

sebaiknya perlu dipastikan regimen obat apa yang ibu konsumsi dan apakah ibu sudah menjalani pemeriksaan penunjang seperti usg untuk memastikan keadaan rahim ibu, namun secara umum jika pemeriksaannya hasilnya normal maka gangguannya berasal dari hormonal dan jumlah haid banyak dan sedikit serta keteraturan datangnya haid dapat dibantu dengan pola hidup yang sehat.

semoga bermanfaat