Akhir2 ini saya sering mengalami kesakitan yang hebat ketika menjelang bahkan pasca haid terutama perut bagian bawah sampai paha (hanya bagian kiri). Saya mencoba untuk mendapatkan banyak informasi melalui beberapa sumber mengenai kemungkinan penyebab dari keluhan saya diatas.

Yang ingin saya tanyakan adalah rangkaian test apa saja yang biasa akan dilakukan untuk memastikan andai ada kecurigaan terdapat kista atau miom. Berapa lama observasi biasa dilakukan?

Apakah perbedaan kista & miom?

Jawaban Dokter :

salam sehat,
untuk membedakan kista dan mioma dapat dilakukan dengan satu macam pemeriksaan yaitu pemeriksaan ultrasonografi (USG) transabdominal. biasanya pemeriksaan cukup dilakukan satu kali saja, tapi bila ada kecurigaan kista maka biasanya akan diulang pada hari pertama periode haid berikutnya untuk memastikan ini kista normal akibat siklus menstruasi atau kista yang bermasalah.
kista adalah kantong yang berisi cairan yang dapat tumbuh di mana saja. pada kasus anda kemungkinan tumbuh di indung telur. kista bisa saja normal atau memang penyakit. sedangkan mioma adalah tumor jinak otot rahim.
untuk informasi mengenai kista dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2009/01/kapan-kista-dalam-ovarium-disebut-bahaya
sedangkan informasi mengenai mioma uteri dapat dibaca di
http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2008/08/mengenal-mioma-uteri-lebih-jauh
semoga membantu