Dok, pada tanggal 29 Januari, saya melakukan petting. Saya memasukan jari ke vagina istri saya. Sebelumnya saya memegang penis, tapi penis saya belum mengeluarkan sperma, cuma mengeluarkan sejenis cairan bening. Lalu berberapa hari setelahnya istri saya mengeluh mual, pusing. Sampai tanggal 14 Februari istri saya mens. Lalu gejala tersebut hilang. Namun tiba-tiba datang lagi sampai sekarang, gejalanya adalah sering mual, pusing, payudara kencang, perut terasa membesar, lalu bagian bawah pusar terasa bergetar-getar, perut sakit kalau ditekan, lingkaran payudara menjadi agak besar, mudah lelah, tapi nafsu makannya meningkat, sering buang air kecil, dan sampai sekarang istri saya belum juga mens. Beberapa waktu lalu dia mencoba menggunakan testpack tapi hasilnya negatif. Dia siklus mensnya memang tidak teratur. Apakah istri saya hamil dok? Atau hanya gejala-gejala hamil padahal tidak hamil?
Terima kasih.

Jawaban Dokter :

Salam sehat,
Untuk menentukan hamil atau tidaknya seseorang, tentunya harus dilakukan pemeriksaan, tidak bisa hanya berdasarkan ditemukannya gejala-gejala hamil. JIka test pack negatif namun ada gejala-gejala hamil, bisa dilakukan pemeriksaan USG.
Perlu diketahui, cairan mani yang dikeluarkan bisa saja mengandung sperma di dalamnya, karena sperma berupa sel dan tidak dapat dilihat secara kasat mata, jadi kemungkinan hamil masih ada.
Semoga membantu