Dear Dokter,

Saya sebelumnya, ada riwayat asma dan bronkitis. Untuk asma, sudah lama hilang, semenjak saya SMP. Untuk Bronkitis, terdeteksi sejak saya SMU hingga sekarang. Semenjak itu saya berobat ke dokter. Untuk penyakit Bronkitis ini, apakah bisa muncul kembali? Dengan kondisi lebih parah kah atau bagaimana? Serta apakah berhubungan dengan riwayat asma saya?

Belum lama ini dok, saya mengalamin sesak napas seperti asma. Saya sudah cek ke dokter dan di diagnosa, saya tidak apa2. Tapi dengan apa yang saya rasakan, saya merasa sesak nafas serta batuk berdahak yang parah. Akan tetapi selang beberapa hari ini saya masih merasakan nafas yang sesak dan batuk berdahak yang parah. Apakah asma atau bronkitis saya kumat lagi? *Untuk hal yang ini sebelumnya saya ada minum air lemon dan teh rosella, apakah mungkin ada kaitannya?

Terima Kasih,

Bernard Darmawan L

Jawaban Dokter :

Asma ada pencetus nya, bisa debu, udara dingin, makanan tertentu, wangi2an, emosi, tergantung dari alergen masing2.. bronkhitis radang pada bronkhus atau saluran napas, yang disebabkan alergen, kuman, bakteri, jadi selama faktor2 pencetus nya d hindari, sobat tidak akan asma dan bronkhitis lagi, jadi sobat ingat2, biasa ny muncul setelah apa asma dan brinkhitis ny.. ok sobatt