dok, saya ingin bertanya lagi.

berdasarkan informasi dari orang tuaku, saya telah mengalami telinga bernanah sejak kecil, dan kemudian muncul lagi di SMA ketika di rontgen dokter bilang gendang telinga saya ada lubangnya/robek. kalau tidak salah sudah berjalan hingga 15 tahun lalu, dulu nanah yang keluar sangat banyak dan tiap hari, setelah itu seiring waktu, kondisinya berkurang hanya kalau saya terpapar panas matahari atau saya terlalu beraktifitas saja. sekarang sudah jarang, tetap pendegaran saya tidak berubah yakni tetap 60-70% dibandingkan disebelahnya. apakah saya telah mengalami perbaikan kondisi telinga dok?

Jawaban Dokter :

salam sehat,
gendang telinga tidak dapat menutup sendiri apalagi bila usia anda sudah dewasa, anda bukan mengalami perbaikan hanya saja karena kondisi kesehatan anda baik maka tidak terjadi infeksi pada telinga. tapi bila timbul infeksi telinga maka akan kembali mengeluarkan cairan nanah apalagi gendang telingan yang ribek meningkatkan resiko infeksi berkembang ke dalam hingga ke otak.
sebaiknya anda melakukan operasi miringoplasti untuk menambal gendang telinga yang rusak.
informasi mengenai miringoplasti dapat dibaca di http://www.tanyadokteranda.com/artikel/2010/06/miringoplasti-menambal-gendang-telinga-yang-robek
semoga membantu