Dok, telinga sebelah kiri berdenging ini sudah agak lama saya alami (hampir 1 tahun)dan terasa mengganggu konsentrasi dan pendengaran. Suara berdenging itu kadang lemah dan kadang agak keras, Kenapa ya dok, apa yang harus dilakukan. Terima kasih

Jawaban Dokter :

Salam sehat,,

Telinga berdenging atau tinitus, dapat dibagi menjadi dua, tinitus subjektif, yaitu persepsi bunyi dimana tidak ada bunyi di sekitar penderita, tinitus hanya didengar oleh pasien, dapat hilang timbul atau menetap. Dan tinitus objektif, yaitu bunyi dapat didengar oleh pemeriksa, biasanya ritme nya sejalan dengan denyut nadi.

Faktor resiko nya adalah saat kehilangan pendengaran, dan kerap terpapar bunyi yang keras. Tinitus dapat disebabkan oleh cedera pada organ dalam telinga, kelainan di otak, kelainan pembuluh darah, kelainan jantung, massa pada otak, telinga, atau leher, peradangan, sumbatan, proses peradangan, cedera kepala, serta penggunaan obat-obat tertentu.

Karena keluhan anda sepertinya mengganggu aktifitas sehari-hari, anda sebaiknya segera periksa ke dokter THT atau dokter saraf. Dokter akan melakukan serangkai pemeriksaan fisik serta pemeriksaan penunjang seperti CT-scan atau MRI apabila diperlukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Salam