Dok, mau tanya nih, apakah sinusitis dapat menyebabkan telinga berair terus menerus? berair yang saya maksud disini tidak seperti congek yang sampai mengalir, berairnya lebih seperti keringat, namun air tersebut kesat dan sedikit berminyak, tidak terlalu bau. saya sudah periksa 5x ke dokter berbeda (2 umum dan 3 THT) dan 4 dokter mengatakan itu baik-baik saja, dan air itu adalah biasa, padahal bisa keluar setiap hitungan menit, walaupun tidak banyak..

Mereka mengatakan bahwa gendang telinga saya tidak ada yang rusak atau sobek, namun 1 dokter THT terakhir yang saya periksa mengatakan saya kemungkinan mengalami sinusitis.. setiap hari hidung saya pasti gatal, terkadang bengkak dan jika sangat gatal menjadi sampai pilek. Ingus saya yang di bagian dalam berbau amis, terkadang wajah saya seperti ada yang menekan.. saya juga sudah diberikan surat untuk rontgen.. apakah sinusitis bisa menyebabkan telinga berair dok? mohon tanggapannya.. terima kasih..

 

Jawaban Dokter :

Sinusitis sendiri radang pada rongga sinus di bagian wajah akibat lendir yang terperangkap, sehingga menimbulkan infeksi, tidak jarang penderita sinusitis akan mencium bau tidak sedap dari lendir yang terperangkap. Namun rongga sinus ini tidak berhubungan dengan liang telinga. Kondisi ini bisa saja berhubungan bila, sinusitis anda disertai peradangan sedemikian hebat, sehingga hidung ikut bengkak, akibatnya tuba eustachius, saluran penghubung antara hidung dan telinga ikut bengkak. Bila saluran ini bengkak maka akan timbul keluhan seperti telinga agak budek. Bukannya menjadi berair. Saran saya sebaiknya tidak usah dikorek atau dibersihkan terlalu sering, apalagi sudah dipastikan bahwa gendang telinga anda normal dan tidak ada masalah pendengaran lainnya. Segera obati sinusitis anda sebelum semakin meradang.